Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

CIRI KEHIDUPAN

   
Akhir abad kedelapan belas perkembangan ilmu kimia sebagai ilmu pengetahuan menimbulkan pertanyaan untuk mengetahui mengenai ciri-ciri kehidupan yang khas dan apa yang membedakan senyawa organik (Senyawa dari sistem kehidupan) dengan senyawa anorganik. Ahli  fisiologi Jerman mempublikasikan perbedaan ini sebagai “Lebenkraft” atau kekuatan vital. Para pendukung pendapat ini percaya bahwa ”dalam alam kehidupan dibandingkan dengan alam benda mati unsur-unsur yang membangunnya sangat berbeda”. Terhadap konsep kekuatan vital diharapkan menjelaskan hubungan fenomena yang hanya ditemukan pada hewan dan tumbuh-tumbuhan hidup.

Akhirnya setelah bertahun-tahun sebagian besar ahli ilmu pengetahuan sepakat menyatakan bahwa ilmu kimia dari organisme hidup berbeda dari ilmu kimia dunia benda mati. Pada tahun 1828 Friedrick Wohler menyatakan bahwa urea adalah suatu senyawa yang hanya ditemukan pada makhluk hidup, dapat dibuat dengan memanaskan suatu senyawa anorganik yaitu amonium sianat. Sintesa dari urea adalah suatu senyawa organik yang dapat dibuat dari senyawa anorganik adalah merupakan tantangan empirik yang serius terhadap teori kekuatan vital. Walaupun masih terdapat perdebatan sejarah mengenai dampak penemuan Wohler dan ahli organik sebelumnya paham bahwa sifat kehidupan dapat dijelaskan dalam istilah kimia. Pada tahun 1848 penemuan dari Mathais Schleiden dan Teodor Schwann mengenai teori sel yang mengemukakan bahwa sel sebagai unit struktural dasar dari semua organisme.


Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "CIRI KEHIDUPAN "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr