Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Cacing Bersegmen (Filum Anelida)

   
Cacing dari filum bersegmen, artinya tubuhnya terdiri atas satusn yang berulang-ulang. Meskipun beberapa struktur, seperti saluran pencernaan, terdapat di sepanjang tubuh cacing tersebut, tetapi yang lain seperti organ ekskresi terulang pada segmen demi segmen. Dari luar segmentasi ini tampak seperti rangkaian cincin.



Ciri-ciri khas lain annelida adalah simetri bilateral, suatu sistem peredaran yang efisien dengan darah yang dipompa melalui sistem pembuluh dari tertutup, dan sistem saraf yang cukup rumit. Pembuluh saraf utama terdapat dibagian ventral.

Ciri lain pada cacing annelida yang tidak terdapat pada hewan yang lebih primitif adanya rongga tubuh yang besar berisi cairan. Hal ini memungkin organ-organ dalam bergesekan satu sama lain dengan mudah, sehingga memudahkan gerakan tubuh yang ekstensif. Rongga ini, yang disebut selom, seluruhnya dilapisi oleh mesoderm. Akan tetapi, perkembangan embrionya sangat berbeda dengan perkembangan selom pada vertebrata. Dalam tahap pembelahan awal, di dalam embrio terbentuk sel-sel mesoderm khusus. Pembelahan mitosis sel-sel ini menghasilkan massa jaringan mesoderm. Akhirnya dalam jaringan tersebut berkembang suatu rongga yang secara berangsur-angsur membesar menjadi selom.




Pada filum annelida telah ditemukan 8900 spesies yang dibagi menjadi tiga kelas. Kelas yang terbesar adalah Polychaeta, yang terdiri atas cacing laut seperti cacing palolo. Hewan ini menghasilkan larva yang berenang bebas dan disebut trokofor. Cacing tanah biasa dan sejumlah cacing air tawar adalah anggota kelas Oligochaeta. Kelas ketiga, Hirudinea, terdiri atas lintah.



Oleh:
Syamsurizal
BIOLOGI UMUM
FMIPA UNP 2008


Pustaka
  • Suhana, 1989. Teknik Mikroskopi. Jakarta: UI
  • Kimball,  John W. 1990. Biologi. Jilid 1. (Terjemahan Siti Soetarmi) hal. 59-108.  Jakarta:  Erlangga.
  • Issoegianti. 1993. Biologi Sel. Jakarta: Depdikbud. 

   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Cacing Bersegmen (Filum Anelida)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr