PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

AKTIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN LKM UNTUK STRATEGI BELAJAR DENGAN MIND MAP




ABSTRAK

Pembelajaran strategi belajar sangat penting diajarkan kepada mahasiswa untuk mengatasi kesulitan belajar mereka. Salah satu bentuk strategi belajar yang sesuai untuk pembelajaran biologi adalah pembelajaran menggunakan mind map. Pengajarannya membutuhkan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) yang dapat memandu mahasiswa dalam mengaplikasikan strategi belajar yang diajarkan. LKM yang dibuat hendaknya juga dapat membuat mahasiswa aktif dalam pembelajaran. Menyadari hal tersebut, penulis merasa perlu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran biologi menggunakan LKM untuk strategi belajar dengan mind map, yang mana hasilnya juga akan memberikan kontribusi untuk perbaikan LKM yang dikembangkan. Aktivitas mahasiswa ini diketahui dari pemantauan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan lembar pengamatan aktivitas mahasiswa. Lembar pengamatan diisi oleh seorang pengamat. Data yang diambil adalah data pengamatan aktivitas mahasiswa yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran biologi menggunakan LKM untuk strategi belajar dengan mind map adalah baik.

Kata kunci: strategi belajar, mind map, aktivitas mahasiswa, LKM.


0 Response to "AKTIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN LKM UNTUK STRATEGI BELAJAR DENGAN MIND MAP "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr