ABSTRAK
Pembelajaran strategi belajar
sangat penting diajarkan kepada mahasiswa untuk mengatasi kesulitan belajar mereka.
Salah satu bentuk strategi belajar yang sesuai untuk pembelajaran biologi
adalah pembelajaran menggunakan mind map.
Pengajarannya membutuhkan
Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) yang dapat memandu mahasiswa dalam
mengaplikasikan strategi belajar yang diajarkan. LKM yang dibuat hendaknya juga
dapat membuat mahasiswa aktif dalam pembelajaran. Menyadari hal tersebut,
penulis merasa perlu melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran biologi menggunakan LKM untuk strategi
belajar dengan mind map, yang mana
hasilnya juga akan memberikan kontribusi untuk perbaikan LKM yang dikembangkan. Aktivitas mahasiswa ini diketahui dari
pemantauan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan lembar pengamatan
aktivitas mahasiswa. Lembar
pengamatan diisi oleh seorang pengamat. Data yang diambil adalah data
pengamatan aktivitas mahasiswa yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil pengamatan menunjukkan
bahwa rata-rata aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran biologi menggunakan LKM
untuk strategi belajar dengan mind map adalah
baik.
Kata kunci: strategi belajar, mind map,
aktivitas mahasiswa, LKM.
0 Response to "AKTIVITAS MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN LKM UNTUK STRATEGI BELAJAR DENGAN MIND MAP "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr