PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Peta Pikiran



Urian singkat
Pemetaan pikiran merupakan cara kreatif bagi tiap siswa untuk menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari, atau merencanakan tugas baru. Meminta siswa untuk membuat peta pikiran memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi dengan jelas dan kreatif apa yang telah mereka pelajari atau apa yang tengah mereka rencanakan.

PROSEDUR
1.      Pilihlah topik untuk pemetaan pikiran. Beberapa kemungkinannya antara lain:
·         Sebuah masalah atau isu yang anda ingin siswa membuatkan gambaran penanganannya.
·         Sebuah konsep atau ketrampilan yang telah anda ajarkan.
·         Sebuah tugas yang mesu direncanakan penyelesaiannya oleh siswa.
2.      Buatkan sebuah peta pikiran sederhana untuk siswa dengan menggunakan warna, gambar, atau simbol. Salah satu contohnya adalah perjalanan ke toko grosir dimana seseorang berbelanja berdasarkan peta pikiran yang mengkategorikan butir-butir yang diperlukan sesuai dengan konter di mana barang belanjaan itu dapat dijumpai (misalnya, konter produk susu, produk alami, dan makanan beku). Jelaskan bagaimana warna gambar, dan simbol dalam peta pikiran anda meningkatkan seluruh kerja pikiran (versus pemikiran otak kiri kanan). Perintahkan siswa untuk menyisipkan contoh sederhana dari kehidupan sehari-hari mereka yang dapat mereka buatkan peta pikirannya.
3.      Sediakan kertas, spidol, dan materi sumber lain yang menurut anda akan membantu siswa menciptakan peta pikiran yang semarak dan cerah. Tugaskan siswa untuk membuat pemetaan pikiran. Sarankan agar mereka memulai peta mereka dengan membuat sentra gambar yang menggambarkan topik atau gagasan utamanya. Selanjutnya. doronglah mereka agar memecah keseluruhannya menjadi unsur-unsur yang lebih kecil dan menggambarkan unsur-unsur ini di sekeliling peta (menggunakan warna dan grafis). Perintahkan mereka untuk mengungkapkan tiap gagasan menggunakan gambar, dengan menyertakan sedikit mungkin kata-kata. Setelah itu. mereka dapat memerincinya di dalam pikiran mereka.
4.      Sediakan waktu yang banyak bagi siswa untuk menyusun peta pikiran mereka. Sarankan mereka untuk melihat karya siswa lain guna mendapatkan gagasan.
5.      Perintahkan siswa untuk saling bercerita tentang peta pikira mereka. Lakukan diskusi tentang manfaat dari cara pengungkapan gagasan kreatif ini.

VARIASI
1.      Berikan tugas pembuatan peta pikiran dalam tim, sebagai alternatif dari pembuatan peta pikiran secara perseorangan.
2.      Gunakan komputer untuk membuat peta pikiran.




0 Response to "Peta Pikiran"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr