Urian singkat
Pemetaan
pikiran merupakan cara kreatif bagi tiap siswa untuk menghasilkan gagasan,
mencatat apa yang dipelajari, atau merencanakan tugas baru. Meminta siswa untuk
membuat peta pikiran memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi dengan jelas
dan kreatif apa yang telah mereka pelajari atau apa yang tengah mereka
rencanakan.
PROSEDUR
1.
Pilihlah topik untuk pemetaan pikiran. Beberapa
kemungkinannya antara lain:
·
Sebuah masalah atau isu yang anda ingin siswa membuatkan
gambaran penanganannya.
·
Sebuah konsep atau ketrampilan yang telah anda ajarkan.
·
Sebuah tugas yang mesu direncanakan penyelesaiannya oleh
siswa.
2.
Buatkan sebuah peta pikiran sederhana untuk siswa dengan
menggunakan warna, gambar, atau simbol. Salah satu contohnya adalah perjalanan
ke toko grosir dimana seseorang berbelanja berdasarkan peta pikiran yang
mengkategorikan butir-butir yang diperlukan sesuai dengan konter di mana barang
belanjaan itu dapat dijumpai (misalnya, konter produk susu, produk alami, dan
makanan beku). Jelaskan bagaimana warna gambar, dan simbol dalam peta pikiran
anda meningkatkan seluruh kerja pikiran (versus pemikiran otak kiri kanan).
Perintahkan siswa untuk menyisipkan contoh sederhana dari kehidupan sehari-hari
mereka yang dapat mereka buatkan peta pikirannya.
3.
Sediakan kertas, spidol, dan materi sumber lain yang menurut anda
akan membantu siswa menciptakan peta pikiran yang semarak dan cerah. Tugaskan
siswa untuk membuat pemetaan pikiran. Sarankan agar mereka memulai peta mereka
dengan membuat sentra gambar yang menggambarkan topik atau gagasan utamanya.
Selanjutnya. doronglah mereka agar memecah keseluruhannya menjadi unsur-unsur
yang lebih kecil dan menggambarkan unsur-unsur ini di sekeliling peta
(menggunakan warna dan grafis). Perintahkan mereka untuk mengungkapkan tiap
gagasan menggunakan gambar, dengan menyertakan sedikit mungkin kata-kata.
Setelah itu. mereka dapat memerincinya di dalam pikiran mereka.
4.
Sediakan waktu yang banyak bagi siswa untuk menyusun peta
pikiran mereka. Sarankan mereka untuk melihat karya siswa lain guna mendapatkan
gagasan.
5.
Perintahkan siswa untuk saling bercerita tentang peta pikira
mereka. Lakukan diskusi tentang manfaat dari cara pengungkapan gagasan kreatif
ini.
VARIASI
1.
Berikan tugas pembuatan peta pikiran dalam tim, sebagai
alternatif dari pembuatan peta pikiran secara perseorangan.
2.
Gunakan komputer untuk membuat peta pikiran.
0 Response to "Peta Pikiran"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr