URAIAN SINGKAT
Aktivitas
menulis memungkinkan siswa untuk memikirkan pengalaman yang mereka miliki.
Sebuah cara dramatis untuk meningkatkan perenungan secara mandiri adalah dengan
meminta siswa menuliskan laporan tindakan kala kini (present tense) tentang
sebuah pengalaman yang mereka miliki (seakan itu terjadi di sini dan sekarang).
PROSEDUR
1.
Pilihlah jenis pengalaman yang anda ingin siswa
menuliskannya. Pengalaman itu bisa dari masa lalu atau masa depan. Di antara
kemungkinannya adalah:
·
Persoalan sekarang.
·
Acara keluarga.
·
Hari pertama menjalani pekerjaan baru.
·
Penyajian materi.
·
Pengalaman dengan seorang teman.
·
Situasi belajar.
2.
Jelaskan kepada siswa tentang pengalaman yang anda pilih
untuk tujuan penulisan perenungan. Katakan pada mereka bahwa cara yang balk
untuk merenungkan sebuah pengalaman adalah dengan menghidupkannya 5 kembali
atau mengalaminya untuk pertama kalinya di dini dan sekarang juga. Cara ini
akan menimbulkan dampak yang lebih jelas dan lebih dramatis ketimbang menulis
tentang sesuatu "di suatu tempat dan dahulu" atau dalam waktu yang
kelak akan datang.
3.
Sediakan kertas yang putih bersih untuk menulis. Pintakan
privasi dan suasana hening.
4.
Perintahkan siswa untuk menulis, dalam kala kini (present
tense), tentang pengalaman yang telah dipilih. Perintahkan mereka untuk memulai
dari awal pengalaman dan menuliskan apa yang mereka dan orang lain alami dan
rasakan, semisal, "Aku berdiri di depan teman-teman sekelas untuk
menyajikan materi. Aku benar-benar ingin terlihat percaya diri. . ."
perintahkan siswa untuk menulis sebanyak yang mereka suka tentang kejadian yang
berlangsung dan perasaan yang ditimbulkan.
5.
Beri waktu yang cukup untuk menulis. Siswa jangan sampai
merasa diburu waktu. Bila sudah selesai, perintahkan mereka untuk membaca hasil
renungan mereka di sini dan sekarang.
6.
Diskusikan tindakan-tindakan baru apa yang mungkin akan
mereka ambil di masa mendatang.
VARIASI
1.
Untuk membantu siswa mendapatkan kegairahan dalam menulis
imajinatif, pertama-tama lakukan latihan imajinasi mental atau laksanakan
diskusi kelompok yang relevan dengan topik yang anda tugaskan kepada mereka.
2.
Perintahkan siswa untuk saling bercerita tentang yang telah
mereka tulis. Salah satu alternatifnya adalah dengan memerintahkan sejumlah
siswa untuk membacakan karya mereka yang sudah rampung. Alternatif yang kedua
adalah dengan meminta pasangan untuk saling bercerita tentang apa yang mereka
tulis.
0 Response to "Menulis Di Sini dan Saat Ini"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr