PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Belajar Sekaligus Bertindak


URAIAN SINGKAT
Belajar sekaligus bertindak memberi siswa kesempatan untuk mengalami penerapan topik dan isi materi yang dipelajari atau didiskusikan di kelas dalam situasi kehidupan sesungguhnya. Sebuah proyek luar-kelas menghadapkan mereka pada cara penemuan dan memungkinkan mereka untuk menjadi kreatif dalam bertukar pendapat tentang penemuan mereka dengan sesama siswa. Keunggulan dari kegiatan ini adalah bahwa ia bisa digunakan dengan mata pelajaran apapun.

PROSEDUR
1.      Perkenalkan topik kepada siswa dengan menyediakan sejumlah informasi pendukung melalui pengajaran berbasis-ceramah singkat dan diskusi kelas.
2.      Jelaskan bahwa anda akan memberi mereka kesempatan untuk mengalami kejadian seputar topik pelajaran untuk pertamakali dengan melakukan "kunjungan lapangan" menuju situasi kehidupan sesungguhnya.
3.      Bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok beranggotakan empat hingga lima orang dan perintahkan mereka untuk menyusun sebuah daftar pertanyaan dan/atau hal khusus yang mesti mereka cari selama “kunjungan lapangan."
4.      Perintahkan sub-sub kelompok untuk menempelkan butir-butir pertanyaan mereka dan berbagi pendapat tentangnya dengan siswa lain.         
5.      Para siswa akan mendiskusikan butir-butir itu dan menyusun daftar umum untuk digunakan oleh setiap siswa.
6.      Beri siswa tenggat waktu (misalnya satu minggu) dan arahkan mereka untuk mengunjungi lokasi atau beberapa lokasi dan menggunakan daftar pertanyaan untuk mewawancarai atau mengamati. Mereka boleh memilih tempatnya, atau anda mungkin perlu membuat penugasan khusus untuk menghindari duplikasi atau agar terfadi persebaran siswa secara merata. Sebagai contoh. siswa dapat diminta untuk mengunjungi tempat-tempat usaha semisal toko eceran, restoran cepat saji, hotel atau bengkel mobil. Mereka selanjutnya mengun­jungi tempat-tempat usaha ini sebagai pelanggan untuk mengetahui bagaimana pelayanan terhadap mereka.
7.      Pertanyaan-pertanyaannya harus spesifik dan memungkinkan untuk dilakukan pembandingan dengan temuan sesama siswa.
Sebagai contoh, butir-butir pengamatan berikut ini cocok dengan layanan konsumen:
·         Berapa lamakah waktu yang diperlukan karyawan untuk melayani pelanggan?
·         Apakah karyawan itu tersenyum?
·         Apakah karyawan itu sopan dan ramah?
·         Apakah karyawan itu mengajukan pertanyaan terbuka untuk memahami persoalannya? Apakah karyawan Itu menggunakan tehnik mendengarkan aktif? Beri contohnya.
·         Apakah karyawan itu memberikan pemecahan masalah?
·         Apakah kamu, selaku pelanggan, senang dengan pengalaman Itu? Mengapa demikian, atau mengapa tidak demikian?
5.   Perintahkan siswa untuk berbagi temuan mereka dengan siswa lain melalui sejumlah metoda kreatif (misalnya, dengan drama atau peragaan singkat, wawancara bohong-bohongan, diskusi panel atau permainan).


VARIASI
1.      Anda mungkin perlu membentuk tim beranggotakan dua atau tiga siswa sebagai alternatif dari pemberian tugas individual.

2.      Sebagai ganti penugasan seluruh siswa untuk menyu­sun sebuah daftar pertanyaan atau garis-garis besar pengamatan, tiap siswa dapat membuat daftar mereka sendiri.



0 Response to "Belajar Sekaligus Bertindak"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr