Strategi ini memberi siswa tantangan untuk mengingat apa yang telah dipelajari dalam tiap topik atau unit matapelajaran. Ini merupakan cara yang bagus untuk membantu siswa meninjau-ulang materi yang telah anda bahas.
PROSEDUR
1.
Pada akhir pelajaran, berikan siswa sebuah daftar topik yang
telah anda bahas. Jelaskan bahwa anda ingin mengetahui apa yang mereka ingat
tentang topik-topik itu dan apa saja yang telah mereka lupakan. Usahakan agar
suasananya tetap santal agar mereka tidak merasa terancam oleh aktivitas itu.
2.
Perintahkan siswa untuk mengingat hal-hal seputar topik yang
telah dibahas dan hal-hal lain yang rnasih mereka ingat. Ajukan pertanyaan
semisal:
·
Mengacu kepada hal apakah topik ini?
·
Mengapa topik ini penting?
·
Siapa dapat memberi saya contoh tentang apa V kita pelajari
dalam topik ini?
·
Nilal-nilai apakah yang kalian dapatkan dari ini ?
·
Pengalaman belajar apa sajakah yang kita dapatkan dari topik
ini.
Jika tidak banyak yang diingat, olok-oloklah daya ingat baik
secara bergurau. atau salahkan diri anda karena tak bisa menjadikan topik itu
sebagai sesuatu yang tak terlupakan."Urutkan pengajuan pertanyaan itu
secara kronologis hingga anda
menyinggung semua materi yang pernah dibahas(atau lakukan selama waktu anda
mencukupi).
Waktu anda membahas isinya, buatlah pernyataan nenyimpul
sesuai dengan yang anda kehendaki.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif dari penggunaan proses diskusi satu kelas
penuh, perintahkan pasangan atau sub-sub kelompok untuk saling berdiskusi.
2.
Jika hanya ada sepuluh siswa, atau bahkan kurang, perintahkan
mereka untuk berkumpul di sekeliling sebuah daftar topik pelajaran pada papan
tulis dan melakukan peninjauan ulang atas materi yang sudah dibahas. Agar tidak
terkesan bahwa peninjauan-ulang itu merupakan tes, cobalah anda meninggalkan
ruangan sewaktu prosesnya sedang berlangsung. Ini akan mem-berdayakan siswa
untuk menggunakan waktu secara tepat.
0 Response to "Peninjauan-Ulang Topik"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr