PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Peninjauan-Ulang Topik



URAIAN SINGKAT

Strategi ini memberi siswa tantangan untuk mengingat apa yang telah dipelajari dalam tiap topik atau unit matapelajaran. Ini merupakan cara yang bagus untuk membantu siswa meninjau-ulang materi yang telah anda bahas.

PROSEDUR
1.      Pada akhir pelajaran, berikan siswa sebuah daftar topik yang telah anda bahas. Jelaskan bahwa anda ingin mengetahui apa yang mereka ingat tentang topik-topik itu dan apa saja yang telah mereka lupakan. Usahakan agar suasananya tetap santal agar mereka tidak merasa terancam oleh aktivitas itu.
2.      Perintahkan siswa untuk mengingat hal-hal seputar topik yang telah dibahas dan hal-hal lain yang rnasih mereka ingat. Ajukan pertanyaan semisal:
·         Mengacu kepada hal apakah topik ini?
·         Mengapa topik ini penting?
·         Siapa dapat memberi saya contoh tentang apa V kita pelajari dalam topik ini?                 
·         Nilal-nilai apakah yang kalian dapatkan dari ini ?
·         Pengalaman belajar apa sajakah yang kita dapatkan dari topik ini.
Jika tidak banyak yang diingat, olok-oloklah daya ingat baik secara bergurau. atau salahkan diri anda karena tak bisa menjadikan topik itu sebagai sesuatu yang tak terlupakan."Urutkan pengajuan pertanyaan itu secara kronologis  hingga anda menyinggung semua materi yang pernah dibahas(atau lakukan selama waktu anda mencukupi).
Waktu anda membahas isinya, buatlah pernyataan nenyimpul sesuai dengan yang anda kehendaki.

VARIASI
1.      Sebagai alternatif dari penggunaan proses diskusi satu kelas penuh, perintahkan pasangan atau sub-sub kelompok untuk saling berdiskusi.

2.      Jika hanya ada sepuluh siswa, atau bahkan kurang, perintahkan mereka untuk berkumpul di sekeliling sebuah daftar topik pelajaran pada papan tulis dan melakukan peninjauan ulang atas materi yang sudah dibahas. Agar tidak terkesan bahwa peninjauan-ulang itu merupakan tes, cobalah anda meninggalkan ruangan sewaktu prosesnya sedang berlangsung. Ini akan mem-berdayakan siswa untuk menggunakan waktu secara tepat.






0 Response to "Peninjauan-Ulang Topik"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr