Ini merupakan strategi pernbentukan-tim untuk melibatkan siswa dalam peninjauaan kembali materi pada pelajaran sebelumnya atau pada akhir pelajaran.
PROSEDUR
1.
Berikan dua kartu Indeks kepada
masing-niasing siswa.
2.
Perintahkan tiap siswa untuk melengkapl
kalimat berikut ini:
Kartu 1: Saya masih memiliki pertanyaan
tentang _______________
Kartu 2: Saya bisa menjawab pertanyaan
tentang _______________
3.
Buatlah sub-sub kelompok dan perintahkah
tiap kelompok untuk memilih "pertanyaan paling relevan untuk
diajukan" dan "pertanyaan paling menarik untuk dijawab" dari
kartu anggota kelompok mereka.
4.
Perintahkan tiap sub-kelompok untuk
melaporkan pertanyaan untuk diajukan" yang ia pilih. Pastikan apakaha
ada siswa yang dapat menjawab pertanyaan itu. Jika tidak, guru harus
menjawabnya.
5.
Perintahkan tiap kelompok untuk melaporkan
“pertanyaan untuk dijawab” yang ia pilih. Perintahkan anggota sub-sub kelompok
untuk berbagi jawaban dengan siswa yang lain.
VARIASI
1.
Siapkan terlebih dahulu beberapa kartu pertanyaan, dan
bagikan kepada sub-sub kelompok. Perintahkan sub-sub kelompok untuk memilih
satu atau beberapa pertanyaan yang dapat mereka jawab.
2.
Siapkan terlebih dahulu beberapa kartu jawaban dan bagikan
kepada sub-sub kelompok. Perintahkan sub-sub kelompok untuk memilih satu atau
beberapa jawaban yang menurut mereka membantu dalam meninjau kembali apa yang
telah mereka pelajari.
0 Response to "Memberikan Pertanyaan dan Mendapatkan Jawaban"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr