PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Penilaian-Diri secara Aktif


Uraian SINGKAT
Melalui metoda ini, siswa mampu berbagi sikap mereka tentang sebuah mata pelajaran melalui penilaian-diri. Metoda ini memungkinkan guru untuk mengukur perasaan dan keyakinan siswa, dan berfungsi sebagai papan loncat bagi diskusi kelas.

PROSEDUR
1.      Buatlah sebuah daftar pernyataan yang akan dibacakan kepada siswa untuk menilai sikap dan perasaan mereka tentang pelajaran yang diberikan.
Sebagai contoh, seorang guru menyusun pernyataan-pernyataan berikut ini:
·         Saya menginginkan pekerjaan yang memungkinkan saya untuk bekerja dengan orang lain.
·         Saya menginginkan pekerjaan yang memberi saya pendapatan paling besar, berkat kemampuan saya.
·         Saya menginginkan pekerjaan yang aman dan bebas dari rasa khawatir akan terus-menerus dievaluasi.
·         Saya menginginkan pekerjaan yang tidak perlu saya lembur di rumah.
·         Saya menginginkan pekerjaan yang tidak menuntut banyak bepergian.
·         Saya menginginkan pekerjaan memiliki nilai guna bagi masyarakat.
·         Saya menginginkan pekerjaan yang terus-menerus memacu peningkatan kemampuan saya.
2.   Perintahkan siswa untuk berdiri di bagian belakang ruangan, dengan menempatkan meja dan kursi di satu sisi ruangan.
3.   Buatlah skala penilaian angka dari satu hingga lima di depan kelas dengan menggunakan papan tulis atau dengan menempelkan angka pada dinding.
4.   Jelaskan bahwa anda akan membacakan sejumlah pernyataan. Setelah mendengarkan pernyataan-pernyataan itu, siswa harus berdiri di depan angka penilai­an yang paling cocok dengan sikap mereka terhadap pengetahuan seputar mata pelajaran. Tergantung pada mata pelajarannya, angka 1 bisa berarti "Sangat Setuju" atau "Paham Betul." sedangkan angka 5 untuk "Sangat Tidak Setuju" atau Tidak Paham."
5.   Sewaktu pernyataan dibacakan, siswa harus bergerak ke bagian ruang kelas yang paling cocok dengan penge­tahuan atau posisi mereka. Setelah terbentuk sejumlah barisan di depan berbagai posisi. perintahkan beberapa siswa untuk saling menjelaskan alasan mereka memilih posisi itu.
6.   Setelah mendengarkan pendapat siswa lain. Perintah­kan sembarang siswa yang ingin mengubah posisi mereka pada skala itu untuk melakukannya.
7.   Lanjutkan membaca pernyataan atau fakta individual dan meminta siswa itu bergerak ke angka yang paling cocok dengan opini atau pengetahuan mereka.
8.   Selanjutnya, bagilah siswa menjadi sub-sub kelompok. Beri mereka salinan tertulis dari pernyataan-pernyataan itu dan perintahkan mereka untuk mendiskusikannya.
9.   Sekarang, perintahkan siswa untuk secara pribadi mencocokkan kembali pendapat mereka terhadap butir. Perintahkan mereka untuk menunjuk satu angka pada tiap pernyataan yang mencerminkan tingkat kesetujuan atau ketidaksetujuan mereka.

variasi
1.      Dalam kelas yang jumlah siswanya lebih besar, perin­tahkan siswa untuk terlebih dahulu memilih sebuah jawaban terhadap pernyataan-pernyataan itu dan kemudian bergerak ke bagian-bagian ruangan yang telah dinomori.

2.      Mulailah dengan diskusi kelompok kecil dan kemudian lakukan penilaian individual (pribadi).




0 Response to "Penilaian-Diri secara Aktif"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr