Uraian SINGKAT
Melalui
metoda ini, siswa mampu berbagi sikap mereka tentang sebuah mata pelajaran
melalui penilaian-diri. Metoda ini memungkinkan guru untuk mengukur perasaan
dan keyakinan siswa, dan berfungsi sebagai papan loncat bagi diskusi kelas.
PROSEDUR
1.
Buatlah sebuah daftar pernyataan yang akan dibacakan kepada
siswa untuk menilai sikap dan perasaan mereka tentang pelajaran yang diberikan.
Sebagai
contoh, seorang guru menyusun pernyataan-pernyataan berikut ini:
·
Saya menginginkan pekerjaan yang memungkinkan saya untuk
bekerja dengan orang lain.
·
Saya menginginkan pekerjaan yang memberi saya pendapatan
paling besar, berkat kemampuan saya.
·
Saya menginginkan pekerjaan yang aman dan bebas dari rasa
khawatir akan terus-menerus dievaluasi.
·
Saya menginginkan pekerjaan yang tidak perlu saya lembur di
rumah.
·
Saya menginginkan pekerjaan yang tidak menuntut banyak
bepergian.
·
Saya menginginkan pekerjaan memiliki nilai guna bagi
masyarakat.
·
Saya menginginkan pekerjaan yang terus-menerus memacu
peningkatan kemampuan saya.
2.
Perintahkan siswa untuk berdiri di
bagian belakang ruangan, dengan menempatkan meja dan kursi di satu sisi
ruangan.
3.
Buatlah skala penilaian angka dari satu
hingga lima di
depan kelas dengan menggunakan papan tulis atau dengan menempelkan angka pada
dinding.
4. Jelaskan bahwa anda akan membacakan sejumlah
pernyataan. Setelah mendengarkan pernyataan-pernyataan itu, siswa harus berdiri
di depan angka penilaian yang paling cocok dengan sikap mereka terhadap
pengetahuan seputar mata pelajaran. Tergantung pada mata pelajarannya, angka 1
bisa berarti "Sangat Setuju" atau "Paham Betul." sedangkan
angka 5 untuk "Sangat Tidak Setuju" atau Tidak Paham."
5. Sewaktu pernyataan dibacakan, siswa harus
bergerak ke bagian ruang kelas yang paling cocok dengan pengetahuan atau
posisi mereka. Setelah terbentuk sejumlah barisan di depan berbagai posisi.
perintahkan beberapa siswa untuk saling menjelaskan alasan mereka memilih posisi
itu.
6.
Setelah mendengarkan pendapat siswa
lain. Perintahkan sembarang siswa yang ingin mengubah posisi mereka pada skala
itu untuk melakukannya.
7. Lanjutkan membaca pernyataan atau fakta
individual dan meminta siswa itu bergerak ke angka yang paling cocok dengan
opini atau pengetahuan mereka.
8.
Selanjutnya, bagilah siswa menjadi
sub-sub kelompok. Beri mereka salinan tertulis dari pernyataan-pernyataan itu
dan perintahkan mereka untuk mendiskusikannya.
9.
Sekarang, perintahkan siswa untuk secara
pribadi mencocokkan kembali pendapat mereka terhadap butir. Perintahkan mereka
untuk menunjuk satu angka pada tiap pernyataan yang mencerminkan tingkat
kesetujuan atau ketidaksetujuan mereka.
variasi
1.
Dalam kelas yang jumlah siswanya lebih besar, perintahkan
siswa untuk terlebih dahulu memilih sebuah jawaban terhadap
pernyataan-pernyataan itu dan kemudian bergerak ke bagian-bagian ruangan yang
telah dinomori.
2.
Mulailah dengan diskusi kelompok kecil dan kemudian lakukan
penilaian individual (pribadi).
0 Response to "Penilaian-Diri secara Aktif"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr