Pengajran autentik yaitu pendekatan pengajaran yang memperkenankan siswa
untuk mempelajari konteks bermakna. Siswa mengembangkan keterampilan berpikir
dan pemecahan masalah yang penting dalam konteks kehidupan nyata. Siswa sering
kali mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan yang telah mereka
dapatkan di sekolah ke dalam kehidupan nyata sehari-hari karena
keterampilan-keterampilan itu lebih diajarkan dalam konteks (situasi yang ada
hubungannya dengan) sekolah ketimbang konteks kehidupan nyata.
Tugas-tugas sekolah sering lemah dalam konteks (tidak autentik), sehingga
tidak bermakna bagi kebanyakan siswa karena siswa tidak dapat menghubungkan
tugas-tugas ini dengan apa yang telah mereka ketahui. Guru dapat membantu siswa
untuk belajar memecahkan masalah dengan memberi tugas-tugas yang memiliki
konteks kehidupan nyata dan kaya dengan kandungan akademik serta keterampilan
yang terdapat dalam konteks kehidupan nyata. Untuk memecahkan masalah-masalah
tersebut, siswa harus mengidentifikasi masalah, mengidentifikasi kemungkinan
pemecahannya, memilih suatu pemecahan, melaksanakan pemecahana atas masalah
mereka. Dengan begitu, siswa akan belajar menerapkan keterampilan akademik
seperti pengumpulan informasi, menghitung, menulis dan berbicara di dalam
konteks kehidupan nyata.
0 Response to "Pengajaran Autentik"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr