1. Uraian
Singkat
Strategi
ini dirancang seperti tayangan permainan TV – jawaban diberikan terlebih
dahulu, dan tantangannya adalah mengajukan pertanyaanyang cocok atau benar.
Format ini bisa dengan mudah digunakan sebagai tinjauan tentang materi
pelajaran.
2. Prosedur
a.
Buatlah tiga hingga enam kategori
pertanyaan tinjauan. Gunakan salah satu dari beberapa kategori umum ini:
-
Konsep atau gagasan
-
Fakta
-
Keterampilan
-
Nama
b. Atau
buatlah kategori berdasarkan topiknya. Sebagai contoh, anggur berwarna ini
biasanya dihidangkan dalai temperature ruangan” bias dicocokan dengan
pertanyaan “Minuman rouge itu apa sih? Kita tidak perlu memiliki jumlah
pertanyaan dan jawaban yang sama dalai tiap kategori,namun kita harus menyusun
petanyaan dan jawaban dengan derajat kesulitan yang terus meningkat.
1.
Perlihatkan papan permainan
peninjauan kembali pada selembar kertas besar dan tebal. Umumkan kategorinya
dan nilai poinnya untuk tiap kategori. Berikut adalah apana permaina sampel.
Bulan Warna
Angka
10 poin 10
poin 10
poin
20 poin 20
poin 20
poin
30 poin 30
poin 30
poin
2.
Bentuklah tim beranggotakan
tiga hingga enam orang siswa dan sediakan kartu penjawab untuk tiap tim. Jika
memungkinkan, buatlah kelompok dengan beragam tingkat keterampilan atau
pengetahuan.
5. Pentahkan
im untuk memilih kapten dan pencatat nilai tim.
- Kapten tim
mewakili tim. Ia merupakan salah satunya yang bisa mengacungkan kartu penjawab
dan memberikan jawabanya. Kapten tim harus merundingan dengan tim sebelum
memberikan jawaban.
- Pencatat
nilai bertanggung jawab menambahkan dan mengurangi nilai untuk tim mereka.
Catatan:
Sebagai moderator permainan, anda bertanggung jawab mencermati pertanyaan mana
saja yang telah diajukan. Ketia tiap pertanyaan diajukan, beri tanda silang
pada papan permainan. Berikan tanda centang pada pertanyaan yangsulit dijawab
oleh siswa. Anda bisa kembli kepada pertanyaan ini bila permainan selesai.
Tinjaulah
beberapa aturan permainan berikut ini.
- Kapten tim
yang memegang kartu penjawab pertama mendapatan kesempatan untuk menjawab.
- Semua
jawaban harus diberikan dalai bentuk pertanyaan.
- Jika
jawaban yang diberikan benar, nilai angka untuk kategorinya akan diberikan.
Jika jawabannya tidak benar, nilai angka pada skor tim dikurangi, dan tim lain
berkesemapatan untuk menjawab.
- Tim yang
memberikan jawaban terakhir yang benar akan menguasai papan permainan.
6. Variasi
a. Sebagai
alternative dari penggunaan kapten tim, perintahkan tiap anggota tim untuk
mengambil giliran memainkan permainan tinjauan ulang. Dia tidak boleh
berkonsultasi dengan anggota tim sebelum menjawab.
a.
Perintahkan siswa untuk membuat
pertanyaan permainan.
0 Response to "Model Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr