PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Mozaik Penilaian



URAIAN SINGKAT
            Latihan ini menggunakan kegiatan membuat gambar mozaik yang memungkinkan siswa menilai diri mereka dengan cara yang kreatif.
 
  PROSEDUR
1.      Kumpulkan beberapa rnajalah. Sediakan gunting, spidol, dan lem (atau isolasi) bagi siswa.
2.      Perintahkan siswa untuk membuat sebuah mozaik yang menunjukkan apa yang telah mereka pelajari dan/ atau bagaimana perubahan yang mereka alami setelah mengikuti pelajaran.
3.      Buatlah saran-saran berikut:
·         Guntinglah kata-kata dari iklan majalah yang menjelaskan pandangan. ketrampilan, atau pengetahuan kalian.
·         Tempelkan gambar visual yang secara grafis menjelaskan apa saja yang telah kalian capai.
·         Gunakan spidol untuk memberi nama mozaik terse­but dan untuk memberi tambahan penjelasan gambar versi kalian sendiri.
·         Buatlah sebuah galeri mozaik penilaian. Perintahkan siswa untuk mengunjungi hasil-hasilnya dan memberi komentar tentang mozaik yang dipajang.

VARIASI
1.      Buatlah mozaik tim ebagai alternatfi dari mozaik perseorangan
2.      Sebagai laternatif dari pembuatan mozaik, perintahkan siswa untk membuat “perisai” atau “rompi tentara” yang ditempeli stiker berisi hal-hal yang mereka capai.

Perencanaan Masa Depan
Pada akhir dari pelajaran yang menampilkan kegiatan belajar aktif, siswa biasanya akan bertanya. "selanjutnya bagairnana?" Keberhasilan belajar aktif benar-benar terukur oleh cara menjawab pertanyaan itu—yakni, bagaimana hal-hal yang telah dipelajari di kelas mempengaruhi apa yang akan dilakukan siswa di masa mendatang. Strategi-strategi yang berikut ini dirancang untuk mendukung perencanaan masa depan. Sebagian di antaranya merupakan teknik yang cukup cepat yang bisa anda gunakan bila waktunya terbatas. Sebagian lain memerlukan lebih banyak waktu dan komitmen namun akan membuahkan hasil yang lebih baik.




0 Response to "Mozaik Penilaian "

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr