URAIAN SINGKAT
Latihan
ini menggunakan kegiatan membuat gambar mozaik yang memungkinkan siswa menilai
diri mereka dengan cara yang kreatif.
PROSEDUR
1.
Kumpulkan beberapa rnajalah. Sediakan gunting, spidol, dan
lem (atau isolasi) bagi siswa.
2.
Perintahkan siswa untuk membuat sebuah mozaik yang
menunjukkan apa yang telah mereka pelajari dan/ atau bagaimana perubahan yang
mereka alami setelah mengikuti pelajaran.
3.
Buatlah saran-saran berikut:
·
Guntinglah kata-kata dari iklan majalah yang menjelaskan
pandangan. ketrampilan, atau pengetahuan kalian.
·
Tempelkan gambar visual yang secara grafis menjelaskan apa
saja yang telah kalian capai.
·
Gunakan spidol untuk memberi nama mozaik tersebut dan untuk
memberi tambahan penjelasan gambar versi kalian sendiri.
·
Buatlah sebuah galeri mozaik penilaian. Perintahkan siswa
untuk mengunjungi hasil-hasilnya dan memberi komentar tentang mozaik yang
dipajang.
VARIASI
1.
Buatlah mozaik tim ebagai alternatfi dari mozaik perseorangan
2.
Sebagai laternatif dari pembuatan mozaik, perintahkan siswa
untk membuat “perisai” atau “rompi tentara” yang ditempeli stiker berisi
hal-hal yang mereka capai.
Perencanaan Masa Depan
Pada
akhir dari pelajaran yang menampilkan kegiatan belajar aktif, siswa biasanya
akan bertanya. "selanjutnya bagairnana?" Keberhasilan belajar aktif
benar-benar terukur oleh cara menjawab pertanyaan itu—yakni, bagaimana hal-hal
yang telah dipelajari di kelas mempengaruhi apa yang akan dilakukan siswa di masa
mendatang. Strategi-strategi yang berikut ini dirancang untuk mendukung
perencanaan masa depan. Sebagian di antaranya merupakan teknik yang cukup cepat
yang bisa anda gunakan bila waktunya terbatas. Sebagian lain memerlukan lebih
banyak waktu dan komitmen namun akan membuahkan hasil yang lebih baik.
0 Response to "Mozaik Penilaian "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr