PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Penilaian-Diri secara Fisik



URAIAN SINGKAT
Aktivitas ini serupa dengan Aktivitas 66, "Penilaian Diri Aktif." Dengan menggunakannya pada akhir pelajaran siswa dapat menilai seberapa banyak yang mereka pelajari atau mengubah pendirian yang dia punyai sebelum mengikuti pelajaran.

  PROSEDUR                                 .
1.      Buatlah satu atau beberapa pernyataan yang menilai perubahan pada siswa. Contohnya meliputi:
·         Saya berubah pendirian tentang _________lantaran mengikuti pelajaran ini.
·         Saya mengalami peningkatan ketrampilan di bidang__________
·         Saya mempelajari informasi dan konsep baru
2.      Sisihkan meja atau kursi ke samping ruangan dan perintahkan siswa untuk berdiri di bagian belakang ruangan.
3.      Buatlah skala penilaian angka dari 1 hingga 5 pada papan tulis atau dengan menempelkan skala angka itu di dinding.
4.      Jelaskan bahwa anda akan membacakan sebuah pernyataan kepada siswa. Setelah mendengarkan masing-masing pernyataan, siswa harus berdiri di depan angka skala penilaian yang paling cocok dengan penilaian-dirinya. Gunakan skala yang berikut ini:
1 = sangat tidak setuju
2 = tidak setuju
3 = ragu-ragu
4 = setuju
5 = sangat setuju
Manakala tiap pernyataan dibacakan, siswa harus beranjak ke tempat di dalam ruangan itu yang paling cocok dengan penilaian diri mereka. Sarankan siswa untuk menilai diri mereka secara realistis. Kemukakan bahwa beberapa faktor dapat menciptakan sedikit per­ubahan atau samasekali tidak, Faktor-faktor itu meliputi tingkat pengetahuan atau ketrampilan sebelumnya. kebutuhan akan latlhan atau waktu yang lebih banyak, dan sebagainya.
5.      Setelah terbentuk barisan di depan berbagai posisi, pe­rintahkan siswa untuk berbagi alasan mengapa mereka memilih penilaian itu. Garis bawahi kejujuran mereka.
6.       Setelah mendengarkan pendapat siswa lain, perintah­kan setiap siswa yang ingin mengubah posisi angka mereka pada skala tersebut untuk melakukannya.

VARIASI
1.      Gunakan penilaian sendiri dengan menggunakan alat tulis sendiri sebagai alternatif dari pemberian latihan secara terbuka.

2.      Perintahkan siswa untuk berbaris guna mengetahui seberapa banyak yang setuju dengan tiap pernyataan. Tehnik ini, yang disebut "garis-lurus fisik," memaksa siswa untuk mendiskusikan satu sama lain aoa yang telah mereka pelajari dan bagaimana mereka mengalami perbahan manakala mereka menempatkan diri pada anak posisi yang mereka kehendaki pada garis lurus fisik tersebut. 




0 Response to "Penilaian-Diri secara Fisik"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr