URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strategi yang banyak dipraktikan untuk
mendapatkan komitmen terhadap penerapan atas apa yang telah dipelajari di
kelas. Strategi Ini juga merupakan cara yang balk untuk membantu siswa
mengingat pelajaran yang telah lama berlalu.
PROSEDUR
1.
Perintahkan siswa untuk mengatakan
kepada anda apa yang mereka dapatkan dari pelajaran. Catat pikiran mereka dan
pajanglah dalam bentuk daftar campuran.
2.
Berikan kepada siswa selembar kertas
kosong dan sehelai amplop.
3.
Perintahkan mereka untuk menulis aendiri
sepucuk surat yang mengindikasikan apa yang mereka (secara pribadi) telah atau
terus pelajari dari mata pelajaran dengan cara mereka sendiri. Sarankan agar
mereka memulal surat dengan kata-kata "Dengan ini saya tetap kan
bahwa."
4.
Katakan pada mereka bahwa surat itu
bersifat rahasia. Perintahkan mereka untuk memasukkannya ke dalam amplop. Alamatkan
pada diri sendiri, dan kemudian amplopnya dilem.
5.
Perintahkan siswa untuk menyertakan
catatan pada amplop yang menyebutkan kapan mereka ingin mengirimkannya ke
alamat mereka sendiri. Janjikan untuk mengirim surat itu, kepada siswa bila mereka
memintanya.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif dari memerintahkan siswa untuk mengirim surat ke alamat sendiri,
sarankan mereka untuk menulis kepada orang lain, yang menunjukkan keputusan dan
permintaaan dukungan mereka.
2.
Setelah satu bulan kirimkan sepucuk surat kepada siswa yang isinya adalah ikhtisar
pokok-pokok pelajaran. Doronglah mereka untuk menerapkan apa yang telah mereka
pelajari. Sarankan beberapa cara untuk terus mempelajari mata pelajaran.
0 Response to "Dengan Ini Saya Tetapkan Bahwa..."
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr