URAIAN
SINGKAT
Ini
merupakan strategi yang cerdik untuk meningkatkan kesadaran siswa akan
pelajaran setelah larna berakhir. Strategi Ini juga berfungsi sebagai cara
untuk tetap berhubungan dengan siswa.
PROSEDUR
1.
Jelaskan kepada siswa bahwa anda hendak
mengirimi mereka kuesioner lanjutan satu bulan mendatang. Kuesioner itu
dimaksudkan untuk (1) membantu mereka mengevaluasi apa yang telah mereka
pelajari dan seberapa bagus capaian mereka dan (2) memberi anda umpan balik
2.
Katakan kepada mereka untuk mengisi
kuesioner demi kebaikan mereka sendlri. Perintahkan mereka untuk mengemballkan
kuesioner itu kapan saja mereka meng-hendaki.
3.
Ketika anda menyusun kuesioner, pertimbangkan
beberapa saran berikut ini:
·
Usahakan agar nada pertanyaannya
informal dan ramah.
·
Campurkan pertanyaan-pertanyaannya agar
pertanyaan yang paling mudahlah yang lebih
dahulu diisi. Gunakan format semisal cheklist. skala penilaian, kalimat tak
lengkap, dan esai pendek.
·
Tanyakan tentang apa yang paling mereka
ingat, ketrampilan apa yang sekarang mereka terapkan, dan keberhasllan apa yang
telah mereka capai.
·
Tawarkan
kepada siswa peluang untuk bertanya kepada anda tentang persoalan dan
cara penerapannya.
Berikut adalah contohnya:
Setelah berpartisipasi dalam sebuah pelajaran
"Komunikasi Asertif," siswa diberikan kuesioner lanjutan seperti misal:
Halo! Bagamana kabarnya? Saya harap
kalian memiliki kesempatan untuk menerapkan ketrampilan. komunikasi asertif kalian.
Seperti saya janjikan, saya mengirimi kalian kuesioner ini guna. membantu
kalion meninjau ulang dan menilai kemampuan kalian untuk memantapkan diri dalam
mencapai tujuan kalian. Dengan mengirimkan kembali kuesioner ini kepada. saya, kalian
juga akan membantu saya mengevaluasi pengaruh dari pelayanan yang saya ajarkan.
Terima kasih!
1.
Peringkatkanlah situasi-situasi berikut ini berdasar-kan urutan kesulitannya
menurut kalian pada skala dari 1 (sangat tidak sulit) hingga 5 (amat sangat
sulit).
_______Mengatakan "Tidak" tanpa meminta maaf.
_______Memulal percakapan.
_______Mencurahkan perasaaan secara jujur.
_______Bersikap menyakinkan.
_______Menghadapi orang yang sangat sulit.
2.
Indikaslkan tingkat kesulitan yang kalian imliki dalam situasi berikut ini:
Berbicara dengan lawan jenis _____ _____ _____
Mendlsipllnkan anak Berbicara di telepon _____ _____ _____
Meminta kenaikan gaji _____ _____ _____
Berbicara dalam kelompok _____ _____ _____
Menolak tawaran sales _____ _____ _____
Mengembalikan makanan di sebuah restoran _____ _____ _____
3. Jelaskan dengan
singkat situasi saat Ini. di mana Italian bertindak secara tegas:
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
4. Jelaskan situasi
terkini dimana kalian tidak bertindak tegas
dan menyesalinya
_____________________________________________________________
_____________________________________________________________
5. Lengkapilah
pernyataan berikut ini:
______ Tolong Telepon saya. Saya mengalami kesulitan
dengan _____
______ Semuanya baik-baik saja kok. Tidak perlu menelpon
saya.
VARIASI
1.
Kirimkan materi lanjutan yang mungkin
menarik bagi siswa.
2.
Sebagai alternatif dari pengalaman
kuesioner, wawancarailah siswa via telepon atau secara empat mata. Gunakan
sampel kecil jika jumlah siswanya banyak.
0 Response to "Kuesioner Lanjutan"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr