URAIAN SINGKAT
Ini merupakan sebuah prosedur di mana siswa membuat komitmen
serius untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari.
PROSEDUR
1.
Perintahkan siswa untuk mengisi formulir
lanjutan pada akhir pelajaran. Formulir itu berisi pernyataan-pernyatan
semisal bagaimana mereka berencana menerapkan apa yang telah mereka pelajari
atau untuk terus mempelajari lebih banyak tentang mata pelajaran yang telah
mereka ikuti. Berikut adalah formulir sampelnya.
Formulir
Perencanaan Masa Depan
Jelaskan bagaimana kalian berencana menerapkan pelajaran
ini dan katakan kapan dan bagaimana kalian berencana menerapkannya. Berikan penjelasan secara
rinci.
A. Situasi
______________________________________________________
_______________________________________________________________
Rencana yang akan saya terapkan ________________________________
____________________________________________________________
B. Situasi
______________________________________________________
_______________________________________________________________
Rencana yang akan saya terapkan ________________________________
____________________________________________________________
Jelaskan apa yang ingin kalian lakukan untuk terus
mempelajari (sisipkan nama pelajaran):
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
____________________________________________________________
2. Bila formulir itu sudah
lengkap, berltahu siswa bahwa lembar perencanaan masa depan mereka akan dikirim
kepada mereka dalam tiga atau empat minggu. Pada selang waktu sebelum itu,
mereka dikirimi instruksi lanjutan berikut ini:
Silahkan
tinjau lembar perencanaan masa
depan kalian. Tempatkan huruf A di dekat
rencana-rencana yang telah berhasil kalian terapkan. Tempatkan huruf B
di samping rencana-rencana yang tengah kalian kerjakan penerapannya. Tempatkan huruf C di dekat
rencana-rencana yang belum dapat kalian realisasikan. Jelaskan kendala apa saja
yang menghalangi penerapan rencana kalian.
VARIASI
1. Perintahkan siswa untuk
berbagi rencana masa depan mereka dengan seorang yang bisa memberi saran. Sarankan
agar mereka secara bersama menyusun rencana Itu untuk membantu siswa agar
"tetap menjadikannya pegangan."
2.
Cantumkan dukungan pemberi saran atas rencana ini dalam sebuah daftar sebelum
pelajaran dimulai.
Ucapan
Perpisahan
Pada umumnya, siswa mengalami rasa kedekatan dengan teman sekelas.
Ini terjadijika siswa ainbll bagian dalaiii keglatan belajar aktif. Mereka
perlu mengucap-kan perpisahan satu sama lain dan rnengungkapkan penghargaan
mereka atas dukungan dan dorongan yang diberikan satu sama lain selama
mengikuti pelajaran. Ada
banyak cara untuk membantu menyemarakkan suasana perpisahan ini.
Strategi-strategi yang berikut Ini cukup baik untuk diterapkan;
0 Response to "Berpegang Erat"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr