PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Sistem Peredaran Darah pada Katak


Sistem peredaran darah katak termasuk sistem peredaran darah tertutup dan ganda. Jantung katak terdiri atas tiga ruang yaitu serambi kiri dan kanan serta satu bilik. Darah dari seluruh tubuh yang telah banyak mengambil CO2 dari jaringan mengalir ke sinus venosus dan kemudian masuk ke serambi kanan. Dari serambi kanan, darah mengalir ke bilik, kemudian darah dipompa ke luar melalui arteri pulmonalis. Selanjutnya darah mengalir  melalui:
Arteri pulmonalis  → paru-paru (di paru-paru terjadi pertukaran CO2 dan O2)      → vena pulmonalis  → serambi kiri. Lintasan peredaran darah disebut peredaran darah kecil. Kemudian, darah masuk ke bilik dan mengalir melalui bilik  → konus arteriosus  → aorta ventralis  → seluruh tubuh.

Dengan demikian, peredaran darah katak merupakan peredaran darah ganda, yaitu pertama darah dari jantung menuju ke paru-paru kemudian ke jantung lagi, dan kedua darah dari tubuh menuju dan diedarkan ke seluruh tubuh lagi.



[Pustaka Pandani]

0 Response to "Sistem Peredaran Darah pada Katak"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr