PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Sistem Peredaran Darah pada Ikan


Sistem peredaran darah pada ikan termasuk pada peredaran darah tertutup dan tunggal. Jantung ikan mempunyai dua ruangan yakni, satu serambi dan satu bilik yang dipisahkan oleh katup yang berfungsi mengalirkan darah satu arah dari serambi ke bilik.

Darah dari seluruh tubuh yang telah banyak mengandung CO2, dari jaringan mengalir ke sinus venusus. Sinus venusus adalah struktur berupa rongga penghubung pada pangkal serambi dan masuk ke serambi.Dari serambi drah masuk ke bilik, kemudian masuk ke konus arteriosus. Kemudian, darah masuk ke gas CO2 dengan O2. Darah dari insang lalu masuk ke seluruh tubuh untuk mengedarkan O2 dan sari makanan. Dari tubuh, darah kembali ke jantung melalui vena cava dan sinus venosus. Jadi peredaran darah ikan merupakan peredaran darah tunggal karena dalam satu kali peredarannya, darah mengalami melalui jantung satu kali.




[Pustaka Pandani]



0 Response to "Sistem Peredaran Darah pada Ikan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr