PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger Di Kelas XI SMAN 6 Padang

ENA SUMA I.W 
(2011)



ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 6 Padang. hal ini terlihat dari nilai  rata-rata ujian semester siswa yang belum mencapai KKM, nilai rata-ratanya hanya 51,11 sedangkan KKM yang ditetapkan 66. Diantara faktor penyebabnya adalah siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran fisika dan pembelajaran yang dilakukan kurang menunjang kreatifitas siswa. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa adalah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Treffinger. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah hipotesis kerja “Terdapat peningkatan hasil belajar  fisika siswa Kelas XI SMAN 6 Padang dengan  penerapan pembelajaran kooperatif  tipe Treffinger
Penelitian ini merupakan quasy experiment dan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMUN 6  Padang 2010/2011. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA5 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, thitung = 3,21 dan ttabel = 1,98. Karena didapatkan t berada di wilayah penolakan H0, yaitu 3,21 >1,98 maka keputusannya adalah H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Treffinger dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada taraf signifikan 95%.



Link:

 


0 Response to "Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger Di Kelas XI SMAN 6 Padang"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr