UNIVERSITAS
SULTAN AGENG TIRTAYASA
ABSTRAK
Nurul
Anriani (2011). Pembelajaran dengan
Pendekatan Resource-Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan
Penalaran Matematis Siswa SMP”,
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh masih
rendahnya kemampuan penalaran dan pemecahan masalah siswa Sekolah Menengah Pertama dalam
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk
menelaah perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis yang
signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan
pendekatan Resource-Based
Learning dan siswa yang mendapatkan pembelajaran
dengan pendekatan konvensional.
Desain penelitian ini adalah kelompok
eksperimen dengan kelompok kontrol pretes dan postes. Kelompok eksperimen
memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Resource-Based
Learning
dan kelompok kontrol memperoleh
pembelajaran konvensional. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan
kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi antara kedua kelompok
sampel dengan menggunakan Uji ANOVA Dua Jalur. Analisis kualitatif dilakukan
untuk menelaah aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran, sikap siswa
terhadap pembelajaran dengan pendekatan Resource-Based
Learning.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pembelajaran matematika dengan pendekatan Resource-Based
Learning
dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis
siswa ditinjau dari pembelajaran dan kategori kemampuan matematika siswa.
Analisis data angket memperlihatkan bahwa siswa yang pembelajarannya dengan
pendekatan Resource-Based
Learning sebagian besar bersikap positif terhadap
pembelajaran matematika dengan pendekatan Resourse-Based
Learning.
Kata
kunci : Resource-Based Learning, Penalaran.
Sumber:
0 Response to "PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN RESOURCE-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP "
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr