Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Sultan Ageng Tirtayasa
Novaliyosi
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah
pentingnya kemampuan berpikir kritis matematis, sedangkan tujuannya untuk menelaah
peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa yang mendapatkan
pembelajaran dengan pendekatan investigasi dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen
dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Kelompok eksperimen mendapat pembelajaran
dengan pendekatan investigasi dan kelompok kontrol mendapat pembelajaran
konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis,
lembar observasi, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Matematika UNTIRTA
dengan sampel penelitian mahasiswa semester VI tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari 32
mahasiswa kelas eksperimen dan 39 mahasiswa kelas kontrol. Analisis data kemampuan berpikir kritis
matematis menggunakan uji-t dan ANOVA Satu Jalur. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan
berpikir kritis matematis mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan
pendekatan investigasi lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran
konvensional; terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis
antara mahasiswa kategori kemampuan tinggi, sedang
dan rendah
yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan investigasi; tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran
dengan pendekatan investigasi yang dilaksanakan positif.
Kata Kunci: Peningkatan, Berpikir Kritis
Matematis, Investigasi.
Sumber:
0 Response to "MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INVESTIGASI"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr