PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pasangan dalam Praktik – Pengulangan


URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strategi sederhana untuk mempraktikkan dan mengulang ketrampilan atau prosedur dengan pasangan belajar. Tujuannya adalah memasukan bahwa kedua pasangan dapat memperagakan ketrampilan atau prosedur Itu.


PROSEDUR
1.      Pilihlah sejumlah ketrampilan atau prosedur yang anda ingin siswa kuasai. Buatlah pasangan. Dalam tiap pasangan, berikan dua peran: (1) penjelas atau pemeraga dan (2) pemeriksa.
2.      Penjelas atau pemeraga menjelaskan dan/atau mem­peragakan cara mengerjakan ketrampilan atau prosedur tertentu. Pemeriksa memastikan apakah penjelasan dan/atau pemeragaan itu benar, memberi dorongan dan memberikan pelatihan bila diperlukan.
3.      Pasangan berganti peran. Penjelas/pemeraga yang baru diberikan ketrampilan atau prosedur lain untuk dikerjakan.
4.      Proses itu berlanjut hingga semua ketrampilan diulang.

VARIASI
1.      Gunakan ketrampilan atau prosedur multilangkah sebagai alternatif dari beberapa prosedur yang berbebeda. Perintahkan penjelas/pemeraga melakukan satu lakah dan perintahkan pasangannya melakukan langkah selanjutnya hingga urutan langkahnya lengkap.
2.      Bila pasangan telah menyelesaikan tugas merek buatlah sebuah peragaan di depan kelompok.


*Tehnik ini didasarkan pada "DrillReview Pairs" karya David W. Johnson, Roger T. Johnson, dan Karl A. Smith.



0 Response to "Pasangan dalam Praktik – Pengulangan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr