PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pemeragaan Tanpa Bicara



URAIAN SINGKAT
Ini merupakan strateg untuk digunakan manakala anda mengajarkan prosedur setahap-demi-setahap. Dengan memperagakan sebuah prosedur tanpa banyak bicara, anda mendorong siswa untuk cermat secara mental.                   

PROSEDUR
1.      Tetapkan sebuah prosedur multilangkah yang anda ingin siswa mempelajarinya. Prosedur-prosedurnya antara lain mencakup yang berikut ini:
·         Menggunakan aplikasi komputer
·         Menggunakan peralatan laboratorium
·         Menjalankan mesin
·         Memberikan pertolongan pertama
·         Memecahkan soal matematika
·         Mencari materi rujukan
·         Menggambar atau melakukan kegiatan artistik lain
·         Memperbaiki peralatan
·         Menerapkan prosedur akuntansi
2.      Perintahkan siswa untuk memperhatikan anda memperagakan seluruh prosedur. Lakukan saja, dengan sedikit atau tanpa penjelasan atau komentar tentang apa dan mengapa anda melakukan hal itu. Beri mereka gambaran seklias tentang seluruh tugas. Jangan berharap  untuk melakukan pengulangan. Sampai di sini, anda baru mewujudkan kesiapan siswa untuk meipelajari
3.      Bentuklah sejumlah pasangan. Peragakan bagian pertama dari prosedur itu, sekali lagi dengan sedikit atau tanpa penjelasan atau komentar. Perintahkan pasangan untuk mendiskusikan apa yang mereka amati peragaan anda. (Mengatakan kepada siswa apa yang anda lakukan justru akan menurunkan kewaspadaan atau kecermatan mental mereka) Tunjuklah seorang siswa untuk menjelaskan apa yang anda lakukan. Jika siswa mengalami kesulitan. peragakanlah kembali. Hargaliah pengamatan yang benar.
4.      Perintahkan pasangan untuk saling mempraktikan bagian pertama dari prosedur itu. Bila mereka sudah menguasai bagian ini. lakukan pemeragaan bagian berikutnya dari prosedur itu tanpa bicara. diikuti dengan praktik berpasangan.
5.      Akhiri dengan memberi tantangan kepada siswa untuk melakukan seluruh prosedur tanpa bantuan.

VARIASI
1.      Jika memungkinkan, beri siswa tugas pembuka untuk mencoba prosedur itu sebelum pemeragaan. Beri kesempatan mereka untuk menduga dan maklumilah mereka jika terjadi kesalahan. Dengan melakukan hal ini, anda akan segera menjadikan siswa terlibat secara menjadikan siswa terlibat cecara mental. Selanjutnya, perintahkan mereka untuk mencermati apa yang anda peragakan.
2.      Jika ada beberapa siswa yang dapat menguasai prosedur itu lebih cepat dibanding yang lain, rekrutlah mereka sebagai "peraga diam."




0 Response to "Pemeragaan Tanpa Bicara"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr