URAIAN SENGKAT
Kegiatan ini memperkenalkan gerak fisik dari awal pelajaran dan membantu siswa lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan ini berlangsungcepat dan sangat menyenangkan.
PROSEDUR
1.
Buatlah daftar kategori yang
menurut anda cocok dalam kegiatan pengenalan bag siswa yang anda ajar. Kategori
umumnya meliputi:
·
Bulan kelahiran
·
Orang yang menyukai/tidak menyukai.....(kenali
preferensi semisal, puisi, drama. ilmu pengetahuan, atau kornputer)
·
Favorit (kenali segala benda atau barang,
misalnya buku. lagu, atau restoran cepat saji).
·
Tangan mana yang digunakan untuk menulis.
·
Wama sepatu.
·
Kesetujuan atau ketidaksetujuan
terhadap pernyataan atau opini pada persoalan aktual (misalnya.. "Asuransi
perawatan kesehatan harus bersifat menyeluruh.")
Kita juga dapat menggunakan kategori-kategori yang terkait
langsung dengan mata pelajaran yang kita ajarkan, misalnya:
·
Penulis favorit
·
Orang yang setuju/tidak setuju.... (kenali sebuah
persoalan yang terkait dengan topik pelajaran anda).
·
Orang yang tahu/tidak tahu siapa atau apa (kenali
orang atau konsep yang terkait dengan topik pelajaran anda)
2.
Kosongkan sebagian ruang kelas agar siswa bisa
bergerak lebihi bebas.
3.
Sebutkan satu kategori. Arahkan siswa untuk
menempatkan secepat mungkin orang-orang yang terkait dengan kategori yang
diberikan. Sebagai contoh, siswa yang kidal dan yang tidak kidal akan dipisah
menjadi dua kelompok, atau, mereka yang setuju dengan sebuah pernyataan akan
dipisahkan dari mereka yang tidak setuju. Jika kategorinya berisi lebih dari
dua pilihan (misalnya, bulan dari hari ulang tahun siswa), perintahkan siswa
untuk berkumpul dengan mereka yang bulan kelahirannya sama, yang dengan
demikian akan membentuk beberapa kelompok.
4.
Ketika siswa telah membentuk regu yang pas, perintahkan
mereka untuk berjabat tangan dengan "teman yang mereka memiki".
Perintahkan semua untuk mengamati kira-kira berapa banyak orang dalam
masing-masing kelompok.
5.
Beranjaklah segera ke
kategori berikutnya. Upayakan agar siswa terus bergerak dari satu kelompok ke
kelompok lain ketika anda mengumumkan kategori-kategori baru.
6.
Perintahkan seluruh siswa
untuk kembali ke tempat masing-masing. Diskusikan keragaman
siswa yang terungkap dari aktivitas itu.
VARIASI
1.
Perintahkan siswa untuk menempatkan seorang siswa
yang berbeda dari mereka. jangan yang sama. Sebagai misal, anda dapat meminta
siswa menemukan teman yang memiliki mata/kulit/rambut yang warnanya berbeda
dengan mereka. (Bilamana terdapat jumlah yang tidak sama dalam kategori yang
berbeda, ijinkan lebih dari satu orang dari satu kelompok untuk membentuk regu
dengan seorang siswa dari kelompok lain.)
2.
Perintahkan siswa untuk mengajukan kategorinya.
0 Response to "Model Pembelajaran Teman yang Kita Miliki"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr