PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Model Pembelajaran Benar-benar Kian Mengenal


URAIAN SINGKAT
Sebagian besar kegiatan perkenalan merupakan peluang emas untuk berjumpa dengan sesama siswa. Sebagai alternatifnya adalah menyusun sebuah kegiatan di mana pasangan siswa bisa benar-benar mengenal.

PROSEDUR
1.      Pasangkan siswa dengan cara yang anda kehendaki. Kriteria untuk memasangkan siswa bisa mencakup:
·         Dua siswa yang belum pernah bertemu sebelumnya
·         Dua siswa yang tidak pemah bekerja bersama
·         Dua siswa yang berasal dari jurusan atau latar belakang yang berbeda
·         Dua siswa yang memiliki tingkat pengetahuan atau pengalaman yang berbeda.
2.   Perintahkan pasangan-pasangan yang sudah terbentuk untuk saling berkenalan dan mengakrabkan diri selama 30 hingga 60 menit. Sarankan agar mereka berjalan-jalan bersama, minum kopi atau soda bersama, atau jika mungkin, untuk saling mengunjungi.
3.      Berikan beberapa pertanyaan yang bisa digunakan oleh siswa untuk saling mewawancarai.
4.  Bila seluruh siswa sudah kembali berkumpul, berikan pasangan-pasangan itu tugas untuk kerjakan bersama yang memungkinkan mereka untuk mulal mempelajari materi pelajaran. (Lihat "Sepuluh Tugas untuk memberikan Mitra Belajar" him 25).
5.   Pertimbangkan kecocokan pasangan untuk kemudian dibentuk menjadi kemitraan belajar jangka-panjang.


VARIASI
1.      Sebagai alternatif. bentuklah trio, atau kuartet, sebagai ganti pasangan.

2.      Perintahkan siswa untuk memperkenalkan pasangan masing-masing kepada seluruh siswa di kelas.





0 Response to "Model Pembelajaran Benar-benar Kian Mengenal"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr