URAIAN SINGKAT
Sebagian besar kegiatan perkenalan merupakan
peluang emas untuk berjumpa dengan sesama siswa. Sebagai alternatifnya adalah
menyusun sebuah kegiatan di mana pasangan siswa bisa benar-benar mengenal.
PROSEDUR
1. Pasangkan siswa dengan cara yang anda kehendaki. Kriteria untuk memasangkan siswa bisa mencakup:
·
Dua
siswa yang belum pernah bertemu sebelumnya
·
Dua
siswa yang tidak pemah bekerja bersama
·
Dua
siswa yang berasal dari jurusan atau latar belakang yang berbeda
·
Dua siswa yang memiliki
tingkat pengetahuan atau pengalaman yang berbeda.
2. Perintahkan pasangan-pasangan yang sudah terbentuk untuk saling
berkenalan dan mengakrabkan diri selama 30 hingga 60 menit. Sarankan agar mereka berjalan-jalan bersama, minum
kopi atau soda bersama, atau jika mungkin, untuk saling mengunjungi.
3. Berikan beberapa pertanyaan yang bisa digunakan
oleh siswa untuk saling mewawancarai.
4. Bila
seluruh siswa sudah kembali berkumpul, berikan pasangan-pasangan itu tugas
untuk kerjakan bersama yang memungkinkan mereka untuk mulal
mempelajari materi pelajaran. (Lihat "Sepuluh Tugas untuk memberikan Mitra
Belajar" him 25).
5. Pertimbangkan kecocokan pasangan untuk kemudian
dibentuk menjadi kemitraan belajar jangka-panjang.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif. bentuklah trio, atau kuartet,
sebagai ganti pasangan.
2.
Perintahkan siswa untuk memperkenalkan pasangan
masing-masing kepada seluruh siswa di kelas.
0 Response to "Model Pembelajaran Benar-benar Kian Mengenal"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr