URAIAN SINGKAT
Ini merupakan kegiatan pembuka yang cepat dan
memberi siswa keleluasaan untuk bergerak dan tertawa. Kegiatan ini merupakan
sarana pembentuk tim yang baik dan memungkinkan siswa untuk lebih mengenal satu
sama lain.
PROSEDUR
1.
Aturlah kursi secara melingkar. Perintahkan siswa
untuk duduk pada salah satu kursi. Harus ada cukup kursi bagi semua siswa.
2.
Katakan bahwa jika mereka setuju dengan pernyataan
anda berikutnya. mereka harus berdiri dan berpindah ke kursi lain.
3.
Berdirilah di tengah lingkaran dan katakan:
"Nama saya adalah _____ dan ANGIN KENCANG BERHEMBUS bagi semua orang yang
. . ." Pilihlah ending yang lebih pas untuk semua siswa dalam kelas, semisal
"menyukai es krim coklat."
4.
Sampai di sini, setiap siswa yang menyukai eskrim
coklat berdiri dan berpindah ke kursi yang kosong. Ketika siswa berpindah,
pastikan bahwa anda menempati salah satu kursi kosong. Jika sudah, selanjutnya
satu orang siswa tidak akan mendapatkan kursi untuk duduk dan akan menggantikan anda sebagai orang yang berdiri di
tengah-tengah.
5.
Perintahkan agar siswa yang baru berdiri di
tengah-tengah itu menyelesaikan kalimat tidak utuh yang sejenis. misalnya: "Nama saya adalah ____ dan ANGIN
KENCANG BERHEMBUS untuk semua orang yang ..." dengan menambahkan ending
yang baru. Ending ini bisa bernada canda (misalnya.,
"yang tidur dengan keremangan malam") atau serius (misalnya. "yang
khawatir dengan deflsit anggaran pemerintah pusat"),
6.
Mainkan permainan ini
dengan mempertimbangkan kesesuaian situasi.
VARIASI
1.
Sediakan daftar panjang
ending yang bisa digunakan oleh siswa. Sertakan materi yang relevan dengan mata
pelajaran (misalnya., "yang lebih menyukai Macintosh ketimbang IBM")
atau ketimbang pengalaman kerja atau pengalaman hidup siswa ("yang merasa
bahwa mengikuti ujian merupakan sesuatu yang membikin stres").
2.
Perintahkan agar yang
berada di tengah adalah pasangan siswa. bukannya satu orang siswa. Perintahkan
mereka untuk secara bersama memilih ending yang tepat untuk kalimat yang
dilontarkan.
0 Response to "Model Pembelajaran Hembusan Angin Kencang"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr