URAIAN SINGKAT
Pada mata pelajaran yang bekelanjutan ada baiknya meluangkan waktu
untuk menghubungkan atau mengingatkan kembali siswa setelah lewat beberapa
waktu dari pelajaran yang pernah diajarkan. Aktivitas ini mempertimbangkan
sejumlah cara untuk melakukannya.
PROSEDUR
1.
Sambut kembali kedatangan siswa ke dalam kelas.
Jelaskan apa yang menurut anda berharga untuk meluangkan beberapa menit guna
mengakrabkan kembali sebelum memulai pelajaran hari ini.
2.
Ajukan satu atau beberapa
pertanyaan berikut ini kepada siswa:
·
Apa yang kalian ingat
tentang pelajaran kita yang lalu? Apa yang menarik menurut kalian?
·
Pernahkah kalian membaca/memikirkan/mengerjakan
sesuatu yang distimulasi oleh pelajaran kita yang lalu?
·
Pengalaman menarik apakah
yang kalian dapatkan selama mengikuti mata pelajaran ini?
·
Apa yang ada di pikiran
kalian sekarang (misalnya, kecemasan) yang dapat mengganggu kemampuan kalian
dalam memberikan perhatian penuh terhadap pelajaran hari ini?
·
Bagaimana
perasaan kalian harl in? (bisa juga disisipi canda semisal "Saya merasa
seperti buah pisang yang kelewat matang.")
·
(Buatlah pertanyaan
anda sendlri.)
3.
Mintakan jawabannya
dengan menggunakan salah satu format, misalnya sub kelompok atau memanggil
pembicara berikutnya. (Lihat
"Sepuluh Metoda Untuk Mendapatkan Partisipasi Kapan Saja" pada
halaman 22.)
4.
Beralihlah ke topik
pelajaran hari ini secara perlahan.
VARIASI
1.
Lakukan
wawancara tentang pelajaran yang laju.
2. Ajukan
dua pertanyaan. konsep. atau beberapa informasi yang tercakup dalam pelajaran
yang lalu. Perintahkan siswa untuk memilih mana yang paling mereka suka untuk
ditinjau kembali dalam kelas.
0 Response to "Model Pemebelajaran Mengakrabkan Kembali"
Post a Comment
Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,
Salam
Irfan Dani, S. Pd.Gr