PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Pengertian Diskusi

Ilustrasi

Metoda diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pengajaran dimana guru memberikan kesempatan pada kelompok siswa untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau memecahkan suatu masalah. Alipandie (1984: 80)

Diskusi Kelompok adalah cara individu mengadakan relasi dan bekerja sama dengan individu lain untuk mencapai tujuan bersama. Relasi artinya setiap individu berpartisipasi secara aktif dan turut bekerja sama memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Melalui diskusi kelompok, siswa akan berpikir bersama, berdiskusi bersama dan berbuat ke arah tujuan bersama. Dengan kata lain, metode diskusi kelompok memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk melaksanakan prinsip kerja sama secara demokratis. : Burton dalam Nasution (1995: 148).

Alipandie (1984: 83) menyatakan bahwa metode diskusi kelompok memilki beberapa kebaikan diantaranya yaitu : suasana kelas sangat hidup sebab siswa sepenuhnya mengarahkan perhatian dan pikiran pada masalah yang sedang didiskusikan sehingga partisipasi siswa terhadap PBM meningkat. Mempertinggi prestasi pribadi seperti kritis dalam berpikir, toleransi,sabar dan mempunyai jiwa demokratis.Hasil diskusi mudah dipahami karena setiap siswa ikut aktif dalam pembahasan sampai menarik kesimpulan.Siswa dilatih mematuhi peraturan dan tata tertib diskusi sehingga menjadi pengalaman berharga dalam kehidupannya di masyarakat.Diskusi kelompok mempertinggi hasil belajar siswa sebab motivasi siswa lebih besar karena tanggung jawab bersama.

Sedangkan menurut Hasibuan J. dan Moedjiono (1988: 23) metode diskusi ini sangat bermanfaat bila guru hendak memanfaatkan berbagai kemampuan yang ada pada siswa. Metode ini juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan kemampuannya. dengan memperoleh umpan balik dari siswa, guru mengetahui apakah tujuan sudah tercapai. Selain itu juga dapat membantu siswa berpikir kritis, membantu siswa belajar melalui kemampuan dan peran diri sendiri maupun orang lain, mengembangkan motivasi lebih lanjut untuk belajar.


[Note Pandani] 

0 Response to "Pengertian Diskusi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr