PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Hormon Manusia

1) Hiposekresi somatotropin sebelum pubertas dapat mengakibatkan dwarfisme, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu anak tumbuh kerdil.

Hipersekresi somatotropin.
  • Pada anak : Gigantisme, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu pertumbuhan raksasa.
  • Pada dewasa : Akromegali, yang mana gejala yang di alami oleh penderita berupa pertumbuhan tulang tidak normal pada masa dewasa, misalnya ujung tulang jari dan tulang dagu sehingga bentuk dan ukuran jari dan dagu menjadi abnormal, yaitu lebih besar dan panjang dibanding ukuran normal.

2) Hiposekresi ADH (Anti diuretic hormone) dapat mengakibatkan diabetes insipidus yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu produksi urine berlebihan.

3) Hiposekresi tiroksin
  • Pada anak : Kretinisme, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu terjadinya hambatan pertumbuhan fisik dan mental sehingga menjadi kerdil.
  • Pada dewasa : Miksedema, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu terjadi pembengkakan di bawah kulit berisi cairan dan berat badan bertambah.
Hipersekresi tiroksin mengakibatkan penyakit basedowi, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu metabolisme dalam tubuh meningkat, banyak keringat, suhu tubuh cenderung tinggi dan tangan gemetar.

4) Hiposekresi parathormon,
yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu kekurangan kalsium dalam darah dan terjadi kejang pada otot tangan dan kaki.

Hipersekresi parathormon, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu kalsium keluar dari darah dan tulang menuju serum darah sehingga tulang menjadi keropos dan dapat mengakibatkan gagal ginjal.

5) Hiposekresi glukokortikoid dan mineralokortikoid mengakibatkan penyakit adison, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu hiperpigmentasi, kelelahan, dan nafsu makan turun.

Hipersekresi glukokortikoid dan mineralokortikoid mengakibatkan coushing syndrome, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu wajah bulat, tumbuh benjolan pada tulang punggung, hiperpigmentasi, dan perut menggelantung.

6) Hiposekresi insulin mengakibatkan penyakit diabetes melitus, yang mana gejala yang di alami oleh penderita yaitu kadar gula darah tinggi, berat badan turun, mudah merasa haus serta kulit dan mulut terasa kering.

0 Response to "Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Hormon Manusia"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr