loading...

Kalteng Ajukan Formasi CPNS 2015

loading...
Loading...
Kabupaten/Kota Dapat Mengajukan Online

PALANGKA RAYA – Saat kunjungan ke Palangka Raya beberapa waktu lalu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan, Kalteng memperoleh jatah sebanyak 3 jenis formasi penerimaan CPNS 2015. Ketiga formasi bakal dibuka untuk tenaga kesehatan, pendidik, dan penyuluhan pertanian.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalteng Agustina D Dewel mengatakan, pihaknya terus mengupayakan pengajuan formasi Calon Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Saat ini, pengajuan formasi dapat dilakukan secara online.

Pada 2015 ini, pengajuan formasi penerimaan CPNS dilakukan secara online masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal ini dimaksudkan agar daerah dapat mengakomodir kebutuhannya sendiri.

“Karena yang paling mengetahui benar adanya atau tidak kekosongan tenaga adalah SKPD sendiri,” ujar Agustina, kemarin.

Ia menambahkan, formasi diajukan SKPD ini akan diperiksa ulang oleh BKD kabupaten/kota. Sebelum akhirnya diteruskan ke kementerian.

Dari semua formasi diajukan tidak semuanya disetujui pusat. Formasi disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan kemampuan negara membayar gaji dan tunjangan pegawai.

Secara umum, kata dia, Kalteng masih banyak kekurangan pegawai. Khususnya untuk tenaga medis, pendidikan, dan penyuluhan.

Pengajuan formasi melalui e-formasi berlaku untuk seluruh kabupaten kota di Kalteng. Berdasarkan informasi penginputan data paling lambat selesai pada 10 Mei 2015. Sebelum 16 Mei input harus sudah dikirim ke kementerian.

“Saat ini jumlah formasi diajukan SKPD di lingkup provinsi masih belum diketahui, karena masing-masing saat ini masih melakukan penginputan,” imbuhnya.

Secara keseluruhan di Kalteng Jumlah PNS per 31 Desember 2014 ada 67.541 orang. Tidak termasuk CPNS. Di lingkup SKPD pemerintah provinsi terdapat 4.903 pegawai negeri sipil dan kurang lebih 150 pegawai negeri sipil di lingkup Pemprov akan pensiun tahun depan.


Menanggapi pengajuan formasi itu, seorang honorer Pemprov Ria Dwi mengaku keberatan dengan adanya moratorium PNS. “Dengan adanya moratorium kesempatan orang mencoba CPNS semakin sedikit. Coba bayangkan dalam 5 tahun lulusan perguruan tinggi atau akademi akan semakin banyak otomatis saingan juga bertambah atau dalam 5 tahun tersebut orang yang berniat ikut CPNS batal ikut karena usia sudah tidak memenuhi syarat, itukan sama saja dengan menghilangkan kesempatan orang,” paparnya.

Menyikapi belum pastinya rencana penerimaan CPNS, Meyske seorang mahasiswa mengaku tidak terlalu mengambil pusing hal itu. Selain tidak berniat menjadi PNS setelah lulus kuliah, ia mengaku beberapa kenalannya sampai saat ini masih menganggur akibat menunggu kesempatan menjadi PNS.

Sumber: KALTENGPOS
loading...

0 Response to "Kalteng Ajukan Formasi CPNS 2015"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...