Loading...

Penegertian Begal dan Tips menghindarinya

   
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

Pengertian Begal:

begal /be·gal/ /bégal/ n penyamun;
membegal /mem·be·gal/ v merampas di jalan; menyamun;
pembegalan /pem·be·gal·an/ n proses, cara, perbuatan membegal; perampasan di jalan; penyamunan: - sering terjadi sehingga penduduk di daerah itu tidak berani memakai perhiasan kalau bepergian.

Menurut artikata[dot]com penjabaran kata begal adalah:



Dalam kata lain begal atau pembegal merupakan sinonim dari kata perampok atau perampas.

Ini dia tips agar pengendara terhindar dari aksi penjahat begal motor seperti disampaikan Kasubbag Humas Polresta Depok, Ipda Bagus Suwandi, dilansir situs resmi Humas Polda Metro Jaya:

1. Pengendara sepeda motor diminta menghindari berhenti di tempat-tempat sepi pada malam hari. Kalau terpaksa harus berhenti, diharuskan mencari lokasi yang ramai.

2. Apabila ada warga menemui situasi yang mencurigakan, misalnya dipepet oleh pengguna motor lain yang tidak dikenal, disarankan agar warga itu segera membunyikan klakson sepeda motor secara terus menerus. Tujuannya adalah menarik perhatian warga sekitar.

3. Saat ini warga diminta tidak perlu takut melewati Jalan Margonda dan Jalan Juanda pada malam hari. Aparat Polresta Depok sudah meningkatkan jumlah personel di dua kawasan tersebut.

Warga tidak perlu takut karena polisi sudah menyebarkan anggota, baik yang berpakaian dinas maupun pakaian biasa di dua lokasi itu, ditambah beberapa lokasi lainnya yang dinilai rawan begal motor.

Dua aksi perampokan jalanan yang menyebabkan korban tewas terjadi di Depok sebulan terakhir. Kejadian terakhir di depan Kampus BSI, Jalan Margonda, tak jauh dari terowongan gerbang masuk kota Depok, Minggu (25/1/2015) dinihari.

Sedangkan kejadian sebelumnya di Jalan Juanda, tak jauh dari lokasi pembangunan Tol Cijago, Jumat (9/1/2015).

Terdapat kemiripan dalam dua peristiwa perampokan jalanan tersebut. Korban yang menggunakan sepeda motor dipepet oleh empat orang yang menggunakan dua hingga tiga sepeda motor.

Korban dibunuh karena mencoba melakukan perlawanan, dan sepeda motornya beserta barang-barang lainnya dibawa kabur oleh pelaku.
TRK

Sumber: KBBI, artikata dan MENTROTVNEWS
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Penegertian Begal dan Tips menghindarinya"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr