Loading...

Pameran dan Kontes Batu Akik Pariaman Gemstone 2015

Pameran dan Kontes Batu Akik Pariaman Gemstone 2015
Pariaman – Perajin batu akik di Sumatera Barat (Sumbar) berkembang pesat dalam setahun terakhir ini dan membuka lapangan pekerjaan baru.

“Dari data yang saya dapat, saat ini sudah ada 374 tempat untuk mengasah batu akik yang tersebar di Sumbar, dan jumlah tersebut kemungkinan akan terus bertambah,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Muslim Kasim dalam sambutannya ketika pembukaan Pameran dan Kontes Batu Akik Pariaman Gemstone 2015, Jumat (6/3) pagi.

Perkembangan perajin batu akik yang semakin pesat di Sumbar berhasil mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Bayangkan saja, para pengasah batu akik saja dalam sehari bisa meraup penghasilan sekitar Rp 200.000 sampai Rp 300.000,” kata Muslim Kasim.

Ia berharap ke depan batu akik yang ada di Sumbar, terutama di Pariaman, bisa mendunia, sehingga mampu mengharumkan nama Sumbar umumnya dan Pariaman khususnya.

Pameran dan Kontes Batu Akik Pariaman Gemstone 2015 dilaksanakan di Rumah Tabuik Subarang, Kota Pariaman. Pembukaan yang dilakukan oleh Wagub Sumbar ini dihadiri oleh Walikota Pariaman Mukhlis R, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, dan Muspida Kota Pariaman.

Pameran dan Kontes Batu Akik Pariaman Gemstone 2015 terselenggara atas partisipasi seluruh pencinta batu akik di Pariaman. Pecinta batu akik di Pariaman kemudian membentuk sebuah perkumpulan dengan nama Tabuik Gemstone Community (TGC). Komunitas ini kemudian mengadakan acara tersebut.

Peserta yang ikut kontes tidak hanya pecinta batu akik dari Pariaman dan Sumbar, namun juga berasal dari Aceh dan Jakarta, bahkan pesertanya datang dari Amerika dan Irlandia.

Walikota Pariaman Mukhlis R mengapresiasi acara ini, karena akan dapat berdampak positif terhadap pengembagan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Sumberobsessionnews
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Pameran dan Kontes Batu Akik Pariaman Gemstone 2015"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-