Loading...

Orientasi Awal Pelaksanaan PPG SM-3T Di UNIMED Angkatan III 2015

Sebanyak 267 sarjana yang telah mengabdi di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) angkatan III tahun 2014 mulai mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG) di Universitas Negeri Medan (UNIMED). Sebelum mengikuti perkuliahan pada 9 maret 2015, peserta harus menjalani masa orientasi awal yang berlangsung pada 4-6 maret 2015.

Dalam pembukaan orientasi awal yang berlangsung di VIP Gedung Serbaguna Unimed dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Wakil Rektor IV Prof. Dr. Berlin Sibarani, M.Pd, Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan Unimed, dosen dan seluruh peserta PPG SM-3T Angkatan III.

Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, ketika membuka acara ini mendorong peserta PPG SM3T agar menjadi lebih berkarakter. Ini sesuai dengan motto Unimed the character building university. Menurut beliau berkarakter juga harus tau, mau dan mampu. Pendidikan PPG ini harus mampu menghasilkan guru yang tidak hanya tau ilmu pengetahuan, tetapi harus mau dan mampu mengaplikasikan bagi kemaslahatan masyarakat. Guru yang dihasilkan dari Unimed harus memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Guru Profesional lulusan PPG SM3T Unimed harus lebih siap secara ilmu, skill dan mental dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru dalam kondisi sekolah dan karakter siswa yang beragam. Haruslah berbeda karakter guru yang ada dilapangan dengan karakter guru lulusan PPG SM3T Unimed. Dengan kasiapan karakter kepribadian dan skill, diharapkan kita dapat menjadi contoh bagi guru-guru lain.

Koordinator Kegiatan PPG SM3T Dr. Sanusi Hasibuan, M.Kes yang ditemui di sela-sela acara mengatakan jumlah peserta PPG angkatan III di Unimed sebanyak 267 orang dengan rincian; PGSD 30 orang, Pendidikan Matematika 22 orang, Pendidikan Biologi 19 orang, PPKN 19 orang, Pendidikan Sejarah 21 orang, Pendidikan Bahasa Indonesia 30 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 21 orang, PJKR 30 orang, Pendidikan Ekonomi 30 orang, Pendidikan Geografi 25 orang, dan Pendidikan Kimia 20 orang. Dari jumlah tersebut 2 orang berasal dari LPTK UNP dan 14 orang berasal dari Unsyiah.

Dr. Sanusi Hasibuan lebih lanjut mengatakan instruktur yang terlibat dalam PPG kali ini adalah sebanyak 230 orang yaitu dosen yang sudah memiliki NIA, sudah memperoleh sertifikasi dosen, minimal Lektor dan harus memiliki latang belakang kependidikan, serta sudah mengikuti sosialisasi dosen PPG.

Dijumpai di tempat terpisah, Dr. Tarsyad Nugraha, M.Kes yang bertindak sebagai panitia mengatakan, dalam kegiatan orientasi awal yang diselenggarakan selama tiga hari ini akan diberikan pemahaman kepada peserta tentang sistem pembelajaran, PPL, dan evaluasi PPG. Selain itu peserta juga diberikan pengetahuan tentang etika dan estetika guru profesional, dinamika kelompok dan etika ber-asrama. Beliau menambahkan bahwa Unimed juga menjalin kerjasama dengan 15 sekolah di Kota Medan sebagai tempat praktek bagi peserta PPG yang terdiri dari 4 SMP dan 11 SMA.

Sumber: UNIMED
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Orientasi Awal Pelaksanaan PPG SM-3T Di UNIMED Angkatan III 2015"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-