Loading...

Irman Gusman dianugerahi gelar kehormatan "Tuanku Besar Palinduang Alam"

   
BATUSANGKAR - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dianugerahi gelar kehormatan sangsako adat Minangkabau oleh Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau, Pagaruyung Darul Qorror Sultan HM Taufiq Thaib, SH Tuanku Mudo Mahkota Alam. Upacara adat tersebut diselenggarakan di Rumah Gadang Tuan Gadih Pagaruyuang Istano Silinduang Bulan, Pagaruyuang, Batusangkar, Minggu (22/3) dan berlangsung dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB tersebut dihadiri ribuan undangan.

Irman Gusman diberi gelar sangsako adat Tuanku Besar Palinduang Alam dan Dwi Soetjipto dianugerahi gelar Tuanku Besar Temenggung Diraja. Gelar juga diberikan kepada istri Irman Gusman yang bergelar Puan Puti Liestyana dan Istri Dwi Soetjipto dianugerahi gelar Puan Puti Handini.

“Gelar yang kita berikan ini adalah gelar sangsako adat Minangkabau atau gelar kehormatan yang diberikan kepada orang yang peduli, berjasa kepada bangsa, khususnya lagi orang yang telah memberikan perhatian terhadap masyarakat Minang, dan orang yang peduli kepada kemanusiaan, agar beliau yang menerima gelar ini senantiasa memelihara dan melanjutkan hubungan silaturahim yang telah dibina,” kata daulat yang dipertuan Rajo Alam Pagaruyung, Darul Qorror Sultan H Muhammad Taufik Thaib, SH, saat melewakan gelar tersebut di Istano Silinduang Bulan, Batusangkar.

Irman Gusman

Upacara adat dihadiri Wakil Ketua DPD RI Harun Muhammad, dan Sri Kanjeng Ratu Hemas, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Muslim Kasim, Anggota DPRD Provinsi, Bupati/Wakil Bupati se-Sumatera Barat, 67 orang rajo-rajo sapiah balahan kuduang pacahan yang tersebar di Sumbar, Sumatera Utara bagian selatan, Riau, Jambi dan Bengkulu, juga dihadiri niniak-mamak, alim ulama, cadiak pandai, basa ampek balai, KAN se-Tanah Datar, Muspida dan bundo kanduang. Juga hadir jajaran Direksi dan Komisaris PT Semen Indonesia, Semen Gresik dan jajaran Komisaris dan Direksi Pertamina.

Sumber: Haluan
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Irman Gusman dianugerahi gelar kehormatan "Tuanku Besar Palinduang Alam""

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr