PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Inilah Trik Rahasia Kilapkan Batu Akik dalam Sekejap

Batu akik sudah sangat banyak dikenakan oleh berbagai macam kalangan. Banyak macam batu akik yang terdapat di pasaran. Harga yang dipatok juga bermacam-macam tergantung dari tingkat kelangkaan dan juga pola yang terbentuk dari batu akik tersebut.

Semakin unik pola yang dihasilkan dari batu akik tersebut, maka harga yang ditawarkan tentunya akan semakin mahal. Bahkan ada beberapa batu akik yang memiliki harga hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah dikarenakan uniknya pola yang dihasilkan dari batu akik itu sendiri. Salah satu kriteria supaya batu akik tersebut memiliki harga mahal adalah kadar mengkilapkan batu akik tersebut.

Semakin mengkilap dan bening batu akik tersebut, maka akan semakin meningkatkan harga dari batu cincin.

Wow, ini 5 Cara Mudah Kilapkan Batu Akik dalam Sekejap Hingga Jadi Mahal

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengkilapkan batu cincin ini sangatlah beragam. Mulai dari cara modern, hingga cara yang tradisional.

Cara tradisional untuk mengkilapkan batu akik ini cenderung lebih murah, meskipun memerlukan waktu dan usaha yang tidak bisa dibilang mudah.

Bahkan cara tradisional ini juga sudah mulai diaplikasikan pada jaman Walisongo. Di jaman itu, popularitas batu cincin masih sangat terbatas.

Hanya kalangan bangsawanlah yang memiliki kemampuan untuk membeli atau membuat batu cincin tersebut. Berikut ini kami beberkan kelima cara tradisional yang biasa digunakan di jaman Walisongo untuk mengkilapkan batu cincin supaya terlihat lebih menarik dan membuatnya semakin mahal jika dijual di toko online.

1. Menggosok Batu Akik dengan Daun Pisang Kering

Cara satu ini memang sudah sering dipakai oleh nenek moyang kita jaman dahulu untuk menggosok batu cincin mereka supaya terlihat semakin mengkilap. Meskipun cara ini tergolong cara kuno, namun sampai sekarang cara ini masih dianggap ampuh untuk mengkilapkan batu akik.

Hal ini bukan tanpa alasan menggosok batu cincin menggunakan daun pisang kering, namun ternyata daun pisang kering tersebut masih menganding senyawa yang membuat batu akik terlihat semakin mengkilap. Cara menggosoknya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu mengambil daun pisang kering kemudian gosokkan pada batu akik secara searah.

Lama-kelamaan batu akik anda akan semakin terlihat mengkilap.


2. Menggosoknya dengan Kulit

Selain daun pisang kering, ternyata material kulit juga dapat mengkilapkan batu akik. Gunakan kulit hewan yang biasa digunakan untuk bahan dompet, sabuk, atau benda lain yang terbuat dari kulit. Gosokkan batu tersebut secara searah dan kemudian kilau batu akik tersebut akan terpancar. Hal ini dikarenakan oleh bahan kulit yang masih mengandung minyak di dalamnya.

Meskipun telah diolah, minyak tersebut masih terkandung di dalam bahan kulit tersebut meskipun dalam jumlah yang sangat sedikit.


3. Menggosok Batu dengan Media Bambu

Menggosok batu cincin menggunakan bambu mungkin terdengar aneh. Namun cara ini ternyata sudah digunakan oleh para orang tua jaman dahulu. Menggunakan tekstur kulit bambu yang halus, batu akik nantinya digosok-gosokkan ke permukaan kulit bambu tersebut dengan searah. Hal ini akan sangat membantu untuk meningkatkan daya kilap dari batu akik tersebut. Sebelum menggosokkan media bambu untuk mengkilapkan batu akik, ada baiknya anda memperhatikan hal-hal berikut:

- Cuci bambu dengan bersih. Jemur terlebih dahulu bambu yang akan digunakan untuk menggosok batu akik hingga kering.
- Gosok batu akik ke permukaan bambu dengan halus dan jangan terlalu keras.
- Gosok dengan arah yang sama secara berulang-ulang.
- Waktu penggosokkan batu menggunakan media ini sebaiknya jangan terlalu sering karena ditakutkan batu akik akan terkikis. Cukup lakukan seminggu atau sebulan sekali saja.



4. Merendam Batu Akik ke Air Kelapa

Cara ini termasuk cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda hanya perlu memasukkan batu akik anda ke dalam cairan yang berisi air kelapa. Biarkan selama beberapa jam hingga semalam untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah direndam selama semalam penuh, keesokan harinya angkat batu tersebut kemudian keringkan dengan lap yang lembut.

5. Menggosok Batu Akik Menggunakan Amplas/Kertas Pasir

Cara yang terakhir ini merupakan cara paling umum dan efektif untuk menghaluskan dan mengkilapkan batu akik anda. Penggunaan kertas amplas yang sesuai menjadi kunci suksesnya proses penghalusan batu akik anda. Pilihlan kertas amplas yang paling sesuai dan memiliki tekstur yang lembut. Biasanya memiliki ukuran 1200 atau 1500.

Jika anda masih ragu, maka mintalah jenis kertas amplas yang paling halus. Gosok searah dan perlahan supaya membuat batu akik anda semakin halus dan mengkilat. Cara ini sangat cocok bagi anda yang baru memulai menghaluskan batu akik anda. Jika anda masih merasa takut untuk menghaluskannya sendiri, sekarang ini sudah mulai banyak jasa yang menawarkan proses penghalusan batu akik supaya lebih mengkilap lagi.

Sumber: tribunnews

0 Response to "Inilah Trik Rahasia Kilapkan Batu Akik dalam Sekejap"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr