Loading...

Besar Mana Gaji PNS dan Perajin Akik?

Jakarta - Gaji pegawai pajak boleh naik dua kali lipat, namun penghasilan perajin batu akik masih mengalahkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) biasa. Karena itulah, Gicok, kelompok pemuda perajin batu akik di Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar pelatihan batu akik di Kupang, bagi pemburu batu akik di daerah itu.

Dalam kegiatan itu, Gicok juga memamerkan batu-batu yang masih utuh untuk dipotong menjadi batu akik.

Dari pelatihan ini, kata koordinator pelatihan batu akik, Roni Fernandes, para pemuda bisa membuka lapangan kerja baru bagi pemuda di Kupang dan sekitarnya. Mereka diharapkan dapat membuka lapak di sejumlah daerah di NTT. Soalnya hasilnya menjanjikan.

Batu yang sudah dijadikan sebagai akik bisa dijual dengan harga berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta per buahnya. Pukul rata, seorang perajin batu akik di Kupang, misalnya, bisa menghasilkan Rp 1,5-2 juta. "Penghasilan ini bisa mengalahkan gaji PNS sebulan," kata Roni kepada Tempo, Jumat, 20 Maret 2015.

Besar Mana Gaji PNS dan Perajin Akik?

Dalam pelatihan ini para pemuda dilatih cara memotong dan menggosok batu akik asal Nusa Tenggara Timur. Roni mengatakan batu dari NTT tidak kalah dengan batu-batu di Pulau Jawa dan daerah lainnya. Bahkan batu bacan sangat banyak di NTT, seperti blueoval dan blackoval. "NTT punya potensi batu yang cukup bagus," ujar Roni.

Pelatihan memotong dan menggosok batu akik itu digelar hingga kemarin. Hasil pelatihan ada yang juga dijual ke konsumen. Para pemuda itu juga menjual batu akik sesuai keinginan pemesan.

Sumber: TEMPO
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Besar Mana Gaji PNS dan Perajin Akik?"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-