Loading...

Berkat Batu Akik, Ada Lapangan Kerja Baru di Bukittinggi

   
Kepopuleran batu akik memang tidak diduga-duga. Yang awalnya dianggap hanya sebagai cult di kalangan bapak-bapak, kini kaum wanita dan bahkan anak muda juga mengincarnya.

Hal ini memicu produksi batu akik dari impor maupun dalam negeri. Tingginya permintaan aksesoris batu akik bahkan membuka lapangan kerja baru bagi warga Bukittinggi, sesuai yang dilaporkan dariAntaranews.com, Senin (16/3/2015).

Bukittinggi tidak memiliki potensi tambang batuan, sehingga harus ke daerah sekitarnya seperti Darmasraya dan Pasaman untuk bisa menemukan situs galian.

Namun, status Bukittinggi sebagai destinasi wisata Sumatera Barat dimanfaatkan untuk perdagangan baru akik. Sejauh ini, pedagang batu akik ramai menggelar dagangan mereka di Pasar Atas yang berlokasi dekat daerah pariwisata Jam Gadang. Tercatat ada 60 orang pedagang batu akik di daerah itu.

Persaingan antar pedagang batu akik pun bermunculan. Muncul perajin ikat batu akik dari perak dan tembaga, ada pula penjualan bongkahan batu akik dan pengasah.


Ada batu akik yang harganya mencapai Rp 500 ribu-Rp 1 juta. Sejumlah pihak juga menggelar kontes batu akik dengan hadiah sertifikat. Pastinya, kota Bukittinggi diuntungkan dengan berkembangnya peranan perdagangan berkat batu akik.

Sumber: lewatmana
   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Berkat Batu Akik, Ada Lapangan Kerja Baru di Bukittinggi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr