loading...

Batu Akik dari Kalimantan Barat ini Bermotif Ikan Arwana

loading...
Loading...
Pontianak - Pamor batu akik makin melejit. Apalagi batu akik ini memiliki keunikan dengan motif ataupun gambar yang berada di dalam batu. seperti batu akik Khas Kalimantan Barat ini, namanya batu lavender.

Warna putih susu dengan campuran keunguan ini menyebabkan batu akik ini kian diburu kolektor. Namun yang membuatnya istimewa, batu lavender ini bergambar ikan arwana super red yang berada di dalam batu. Uniknya, corak gambar di batu ini tiga dimensi, dimana di tengah batu bergambar ikan arwana ini tampak hidup seperti nyata yang memiliki sirip dan mata.

Pemilik batu akik unik adalah Jayus Agustono. Pria berusia 38 tahun, warga Gang Sederhana Nomor 20, Jalan Parit Haji Husin Satu,Pontianak,Kalimantan Barat mengaku awalnya tak menyangka memiliki batu akik lavender bergambar ikan arwana ini.

"Awalnya saya hanya dikasih sama teman berupa bongkahan batu. Bongkahan batu ini kemudian saya bawa ke tempat pengasah batu juga milik seorang teman, setelah diantar ke rumah pada malam hari, keesokan paginya saya tak menyangka salah satu batu ini bergambar ikan arwana 3 dimensi," kata pemilik batu unik, Jayus Agustono, kepada detikcom saat ditemui di rumahnya, Rabu (18/3/2015).

Batu akik bercorak gambar ikan arwana ini pun langsung menarik perhatian pencinta batu akik. Bahkan beberapa fotonya yang disebar media sosial, langsung mendapat respon yang luar biasa dari pencinta batu akik.

"Pernah ada yang menawar batu akik bergambar ikan arwana ini seharga Rp 24 juta, namun saya belum mau melepasnya. Entah kenapa, padahal batu ini saya peroleh tak sengaja," ujarnya pria dengan kepala plontos ini.

Saat ini, batu bergambar ikan arwana ini masih disimpannya, bahkan sering digunakanya di jemari tangannya karena telah diikat dengan ring cincin.


"Kalau ada yang berani membayar lebih tinggi, tentu akan saya lepas, itu pun kalau cocok harganya" tuturnya.

Jayus yang juga pencinta sepeda ontel bahkan menjabat ketua perhimpunan pencinta sepeda ontel Pontianak (sepok) ini awalnya bukanlah sosok pengemar batu akik.

Pria yang memiliki jiwa seni melukis ini hanyalah mengikuti trend batu akik yang saat ini terus melejit. Setiap diberi bongkahan batu, biasanya langsung diasahnya kepada pengrajin batu akik yang kini mulai menjamur di Pontianak seiring meningkatnya pamor batu akik saat ini.

Akik Unik, Batu Akik dari Kalimantan Barat ini Bermotif Ikan Arwana

"Kalau dari sisi nilai seni batu akik bergambar arwana ini, tentu harga selangit pun tak sebanding dengan nilainya. Namun jika ada yang menawar hingga Rp 40 juta, saya bersedia melepasnya," selorohnya.

Ikan arwana sendiri merupakan ikan asli khas Kalimantan Barat. Ikan ini banyak dipelihara dan dibudidayakan karena harganya yang tinggi dipasaran sebagai ikan hias. Bahkan sebagian warga percaya, memelihara ikan arwana memberikan keuntungan tersendiri atau pembawa hoki. Wajar, ikan arwana tak pernah kalah pamor dengan ikan hias jenis apapun.

Sumber: Detik
loading...

0 Response to "Batu Akik dari Kalimantan Barat ini Bermotif Ikan Arwana"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...