loading...

Batu Akik Bermotif Terumbu Karang dari Padang Pariaman

loading...
Loading...
Batu Akik Bermotif Terumbu Karang dari Padang Pariaman
PADANG - Sumatera Barat menyimpan kekayaan batu mulia. Jika di Sungai Dareh ada batu lumuik bercorak hijau, maka di Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, ada batu Nyarai Salibutan yang memiliki ciri khas tersendiri.

Seorang pencinta batu akik, Afdiwarman (53), warga Korong Belanti Sikabung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, mengatakan, daerahnya tidak hanya dikenal dengan air terjun Nyarai, tapi juga keindahan batu akiknya.

"Warnanya coklat, di dalamnya ada motif warna warni seperti terumbu karang dan akuarium,” jelasnya pada Okezone di Padang, Selasa (24/2/2015).

Menurut pria yang akrab dipanggil Mancoik itu, ada beberapa motif batu panca warna yang dikoleksinya, seperti bambu coklat, terumbu karang dan kristal. Bahkan ada motif seperti orang sedang berpelukan.

"Kalau dilihat sekilas biasa saja, tapi kalau kita lihat lebih dekat tampak jelas motif tersebut,” tuturnya.

Jika batu Nyarai berwarna coklat, maka batu lumut Salibutan berwarna hijau pekat. "Kami memang tidak membeli dan menampung batu, tapi kami mencari batu di Sungai Salibutan. Nyarai merupakan lokasi air terjun dan Salibutan merupakan daerahnya,” jelas pria anggota kelompok pencinta alam yang pernah menjadi relawan evakuasi Gamawan Fauzi saat masih menjadi Bupati Solok itu.

Soal harga, ia menjelaskan, "Sempat ditawar tapi saya belum mau melepasnya. Kalau batu ini di kisaran Rp5 jutaan, tapi panca warna bermotif karang harganya bisa di atas Rp10 juta karena warisan sejak 1983,” ungkapnya.

Sumber: Okezone
loading...

0 Response to "Batu Akik Bermotif Terumbu Karang dari Padang Pariaman"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

Loading...