PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

PPG Pendidikan Biologi UNIMED Adakan Seminar Hasil PTK

Program Profesi Guru (PPG) Program Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal(SM3T) Tahun 2014 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan mengadakan Seminar Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Jumat, 9 Januari 2014 yang dilaksanakan di Gedung Laboratorium Biologi Lantai II. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan I FMIPA Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.S. M.Sc, dan dihadiri oleh Ketua Jurusan Biologi Drs. Zulkifli Simatupang, M.Pd, Sekretaris Jurusan Biologi Endang Sulistiyarini Gultom, S.Si. M.Si, Ketua Prodi Pendidikan Biologi Dra. Cicik Suriani, M.Si,Koordinator PPG SM3T FMIPA Dr. Asrin Lubis, M.Pd para dosen penguji dan seluruh mahasiswa PPG SM3T Pendidikan Biologi yang berjumlah 15 orang.

Dalam kegiatan seminar hasil PTK ini para mahasiswa PPG SM3T Prodi Pendidikan Biologi Unimed harus mempersentasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mereka telah dilaksanakan pada saat mereka melakukan PPL di sekolah mitra mulai 11 Agustus 2014 s.d 13 Desember 2014 dihadapan tim dosen dewan penguji. Para tim dewan penguji akan melakukan analisis dan evaluasi hasil PTK tersebut secara objektif, karena para mahasiswa PPG SM3T Prodi Pendidikan Biologi ini nantinya setelah lulus sudah berhak menerima sertifikat dari pemerintah yang menerangkan telah menjadi Guru Profesional pada Program Studi Pendidikan Biologi. Lain halnya dengan para guru-guru yang sekarang sudah dilebelkan sebagai guru profesional atau sudah disertifikasi. Mereka menyandang guru profesional tersebut melalui proses portofolio atau PLPG. Sedangkan mahasiswa PPG SM3T ini melalui proses kuliah 1 tahun secara teori dan praktik disekolah mitra. Oleh karena itu para tim dosen dewan penguji akan melakukan pengujian secara baik, agar menghasilkan guru pendidikan biologi profesional yang kavabel dan kualivait dalam wawasan keilmuan dan skill mengajar.

Wakil Dekan I FMIPA Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.S, M.Sc, dalam sambutannya mengatakan bahwa kita pimpinan FMIPA Unimed sangat mendukung kegiatan seminar hasil PTK bagi mahasiswa PPG SM3T Prodi Biologi ini. Kita pasti sama-sama berharap agar kegiatan ini dapat menghasilkan apa yang menjadi tujuan kita, yakni melahirkan guru biologi yang profesional, tidak hanya secara lebel sertifikat saja, akan tetapi betul-betul memenuhi kualifikasi guru biologi yang profesional yakni secara wawasan pengetahuan pendidikan biologi dan skill pedagogiknya. Kami berharap para tim dosen dewan penguji yang telah ditentukan berjumlah 14 orang, bisa melaksanakan pengujian secara serius dan objektif, agar hasil PTK nya nanti secara keilmuan bisa dipertanggungjawabkan, serta dapat memberikan sumbangsih terhadap pengembangan proses pengajaran guru-guru biologi dimanapun. Jika memungkinkan saran saya hasil seminar PTKini nantinya bisa disebarkan melalui media online komunitas guru biologi atau media lain, agar kita secara kelembagaan PPG SM3T Prodi Biologi ini dapat memberikan masukan secara up to date temuan terbaru hasil PTK dalam pengajaran biologi di kelas.

Sementara Ketua Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Unimed Dra. Cicik Suriani, M.Si, mengatakan bahwa kegiatan seminar hasil PTK mahasiswa PPG SM3T Prodi Biologi ini merupakan hasil kesepakatan bersama para dosen di Prodi Biologi. Dengan pertimbangan agar hasil PTK yang telah dilaksanakan mahasiswa PPG SM3T disekolah mitra dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan bisa bermanfaat baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan, terkhusus pengembangan pengajaran biologi di sekolah-sekolah. Selain itu juga dapat mempersiapan diri mahasiswa PPG SM3TPendidikan Biologi untuk menjadi guru yang profesional. Pertimbangan inilah yang mendorong kita melaksanakan seminar hasil PTK ini. Semoga harapan kita bersama dapat tercapai dalam melahirkan guru biologi yang profesional dan unggul dalam sikap.

Sumber: HUMAS UNIMED

1 Response to "PPG Pendidikan Biologi UNIMED Adakan Seminar Hasil PTK"

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr