Loading...

Rute-Rute Kereta Api di Sumbar Bakal Dihidupkan Lagi

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana mengaktifkan transportasi kereta api di daerah itu. Ke mana saja rutenya?

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Sumbar Amran mengatakan pemda setempat berencana mengaktifkan kembali jalur kereta api di daerah itu untuk meningkatkan mobilitas barang dan jasa.

Namun, tidak semua jalur yang dibangun pada masa kolonial itu akan diaktifkan dalam waktu dekat, tetapi dilakukan secara bertahap. Jalur mana saja?

“Prioritas kami adalah jalur Padang-Padang Panjang-Sawahlunto. Jalur itu juga mengantisipasi macetnya jalan lintas Padang-Bukittinggi,” katanya, Selasa (11/11/2014).

Jalur Padang-Padang Panjang memiliki panjang 68 km. di sepanjang rute tersebut sejumlah rel sudah mengalami kerusakan. Setidaknya sepanjang 20 km dari Kayu Tanam hingga Padang Panjang kondisinya terbilang memprihatinkan.

Sejumlah jembatan untuk kereta juga dalam kondisi miring akibat gempa yang melanda daerah tersebut pada 2007 dan 2009. Diperkirakan perbaikan rel itu akan menghabiskan anggaran besar.

Selain jalur itu, sejumlah jalur lainnya juga akan diperbaiki secara bertahap, yakni jalur Teluk Bayur-Sawahlunto yang memiliki panjang 156,5 km, Muara Kalaban-Padang Sibusuk 6,2 km, dan Bukit Putus-Indarung sepanjang 14,5 km.

Selain itu juga ada rute Lubuk Alung-Pariaman 21,5 km, Pariaman-Sungai Limau 15 km, Padang Panjang Payakumbuh 52,1 km, Payakumbuh-Limbangan 20,2 km, Padang Sibusuk-Muaro Sijunjung 19,8 km, dan rute Padang-Pulau Air sepanjang 5,5 km.

Sumber: bisnis

   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Rute-Rute Kereta Api di Sumbar Bakal Dihidupkan Lagi"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-