Loading...

Nilai Tes Peserta CPNS di Tanjungpinang Minimal 271

TANJUNGPINANG - Pengumuman kelulusan administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)belum juga diputuskan. Namun diperkirakan akan berlangsung 20 Oktober. Setelah pengumuman kelulusan administrasi dipublikasikan, peserta CPNS yang lulus beberapa hari kemudian akan mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Ada tiga jenis soal yang akan diujukan dengan total soal 100 pertanyaan.Hal itu diakui Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tanjungpinang, Raja Khairani, Rabu (15/10). Menurut Khairani, 100 soal itu harus sudah selesai dikerjakan selama 90 menit dan peserta hanya memilih salah satu jawaban saja.

”Nantinya soal akan langsung dibawa oleh petugas BKN Regional XII Pekanbaru. Karena soalnya ada 100 dan waktunya hanya 90 menit, hingga untuk menjawab satu soal, waktunya tidak cukup satu menit,” sebutnya.


Untuk nilai kelulusan, kata Khairani, peserta harus men dapat nilai melewati passing grade atau batasan nilai minimun. Diantaranya untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang jumlah soalnya ada 35 soal, peserta harus mendapat nilai minimal 70 sedangkan untuk soal Tes Intelegensi Umum (TIU) jumlahnya ada 30 soal dan nilai yang harus diperoleh peserta minimal 75.

”Sedangkan untuk soal Tes Karateristik Pribadian (TKP) sebanyak 35 soal, dan perolehan nilainya mesti 126 hingga minimal peserta mendapat nilai 271,” ucapnya.

Hanya saja Raja Khairani mengaku, belum tahu persis berapa nilai untuk setiap soalnya. Menurut Khairani, nilai 271 itu belum tentu lulus, jika salah satu dari tiga katagori soal ada yang di bawah passing grade.

”Meski mendapat nilai lebih dari 271, namun jika ada perolehan nilai disalah satu katagori yang diabwah passing grade, maka tetap tidak lulus,” terangnya

Diterangkan Raja Khairani, lebih jauh, saat ini pihaknya belum selesai melakukan verifikasi berkas para pelamar CPNS. Dari 8.692 berkas peserta CPNS yang masuk baru setengah yang sudah diverifikasi.

“Masih proses verifikasi berkas. Proses verifikasi perlu waktu cukup lama. Sebab di antara 5 pemerintahan di Provinsi Kepri yang membuka lowongan CPNS, berkas pendaftaran CPNS yang masuk ke Pemko Tanjungpinang yang paling banyak. Ini perlu waktu dan tenaga kerja ekstra dari panitia untuk melakukan verifikasi,” terangnya.

Semoga pekan ini, semua verifikasi berkas CPNS sudah selesai,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Robert Iwan Loriaux merencanakan, pengumuman seleksi administrasi penerimaan CPNS tahun 2014 akan dilaksanakan, Senin (20/10) awal pekan depan. Pengumuman seleksi administrasi itu bakal dilaksanakan secara serentak di lima pemerintahan di Provinsi Kepri yang mengelar pendaftaran CPNS.

“Kita belum putuskan mengenai pengumuman seleksi administrasi CPNS itu. Tapi, kita perkirakan diumumkan 20 Oktober ini, insyaallah tidak ada kendala,” sebut Robert Iwan usai mengadakan pertemuan terbatas di Kantor Gubkepri di Pulau Dompak, Rabu (15/10).

Robert Iwan menyebutkan, Pemprov Kepri dengan pemerintah kabupaten/kota terus melakukan koordinasi dan beberapa kali sudah melakukan rapat evaluasi tahapan pendaftaran CPNS tahun 2014 ini. Namun, saat ini BKD Kota Batam masih dalam proses pendaftaran dan penerimaan CPNS, sampai Sabtu (18/10) lusa.

Justru itu, pengumuman seleksi administrasi belum bisa dilakukan dalam minggu ini. Selain proses pendaftaran di Batam, saat ini Pemko Tanjungpinang masih melakukan proses verifikasi berkas lamaran dari calon peserta.

“Saya belum dapat laporan apakah BKD Tanjungpinang sudah siap melakukan verifikasi berkas itu pada hari ini atau belum. Kalau Bintan, Lingga dan Pemprov Kepri sudah siap. Kita tunggu dulu yang lain, baru diumumkan,” tambahnya.

Mengenai peserta yang mendaftar, sebut Robert Iwan, saat ini belum bisa disampaikan. Begitu juga dengan peserta yang tidak lulus seleksi administrasi itu.

“Kalau jumlah peserta yang lulus dan tidak lulus, nanti 20 Oktober,” ujar Robert Iwan menambahkan.

Pada kesempatan lain, Kepala BKD Bintan, Irma Annisa mengatakan, meski sudah dilakukan verifikasi berkas, BKD Bintan melakukan pengecekan ulang. Sehingga berkas yang dinyatakan lulus maupun tidak lulus benar-benar dilihat dari ketentuan yang ada.

“Mengenai jadwal kelulusan, kita ikut keputusan Pemprov Kepri saja. Kita sudah sepakat pengumuman dilakukan serentak,” demikian dikatakan Irma singkat.

   
loading...
Loading...
loading...

1 Response to "Nilai Tes Peserta CPNS di Tanjungpinang Minimal 271"

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-