Loading...

Tahapan Pendaftaran Formasi Pada Kementerian/ Lembaga Bagi Putra Putri Asli Papua Tahun 2014

Tahapan Pendaftaran Formasi Pada Kementerian/ Lembaga Bagi Putra Putri Asli Papua Tahun 2014 adalah sebagai berikut:
1. Calon mengunjungi http://panselnas.menpan.go.id untuk memahami informasi tentang Alur Pendaftaran, Formasi CPNS 2014 (untuk Formasi Khusus Putra-Putri Asli Papua bisa dilihat pada http://www.up4b.go.id/images/stories/jf-chrome/K2/article/20140825-RekapAlokasiFormasiKhususPapua.pdf), Status dan Jadwal (pendaftaran direncanakan 3-18 September 2014).
Catat secara manual kombinasi Nama Jabatan dan Nama Instansi (Kementerian/ Lembaga tujuan). Karena info ini perlu ditulis dengan tangan pada KARTU/ TANDA BUKTI PENDAFTARAN CPNS TAHUN 2014.

* Calon harus memperhatikan baik-baik setiap informasi yang ada. Anggap saja sebagai pre-test, kalau calon ternyata tidak teliti dalam taraf pendaftaran dimana tidak ada koreksi setelah mengirimkan data maka calon dinyatakan gugur dan baru bisa mendaftar lagi pada tahun depan.

* Bila sudah memahami, calon membuka alamat https://regpanselnas.menpan.go.id. Calon mengisi Formulir Pendaftaran sesuai KTP yang berlaku: NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nama Lengkap, Email (jangan sampai keliru salah isi misal: @yahoo.com atau @yahoo.co.id), Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Instansi (Pilih Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat UP4B), password dan konfirmasi password (jangan sampai lupa), dan kode keamanan. Check dan recheck dengan teliti, bila sudah yakin seyakin-yakinya, Klik tombol KIRIM.
* Bila ternyata NIK calon ada yang mengambilnya, maka calon bisa melaporkan pengaduan pada alamat https://panselnas.menpan.go.id/index.php/2-uncategorised/429-pengaduan untuk dilakukan verifikasi siapa yang berhak menggunakan NIK tersebut. Bila ada calon yang menyalahgunakan NIK orang lain maka setelah lewat verifikasi ternyata milik orang lain, maka pendaftaran calon tersebut akan digugurkan.
* Calon perlu bersabar bila dalam mengakses ke http://panselnas.menpan.go.id, https://regpanselnas.menpan.go.id atau http://sscn.bkn.go.id lama, mengingat banyak pengguna lain juga mengaksesnya secara bersamaan.

2. Mendapatkan layar konfirmasi Registrasi Berhasil. Check email untuk informasi selanjutnya dari Panselnas.

3. Isi email tersebut adalah: username = (NIK)
password = (yang sudah diisi saat pendaftaran)
dan alamat situs portal yang dituju http://sscn.bkn.go.id
Catatan: Beri waktu maksimal 1x24 jam untuk mengakses ke situs portal tujuan, karena ada proses antara Menpan dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dalam mensinkronisasi data. Bila calon buru-buru membuka sebelum melewati maksimal 24 jam, maka username dan password dianggap belum terdaftar oleh portal tujuan. 

4. Calon mengunjungi http://sscn.bkn.go.id
login dengan username dan password seperti dalam email dari Panselnas.
* Calon mengisi lebih lanjut informasi yang diminta (Jenis Kelamin, Alamat, Nomor Telp, Email, Asal Institusi Pendidikan, Nomor Ijazah, Akreditasi (A/B/- untuk universitas negeri), Nilai IPK. 
Juga mengisi Formasi Jabatan yagn dilamar: Instansi Pemerintah (isi Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat UP4B), Nama Jabatan yang dilamar (bisa memilih maksimal 3), kualifikasi pendidikan. Memilih lokasi ujian. Check dan recheck kembali dengan teliti. Klik tombol DAFTAR.

5. Calon mendapatkan layar konfirmasi. Klik tombol CETAK KARTU/ TANDA BUKTI PENDAFTARAN CPNS TAHUN 2014. Catat baik-baik Nomor Registrasi.
* Calon mengirimkan berkas-berkas persyaratan : 3 (tiga) buah Foto Berwarna, 6 bulan terakhir, ukuran 4x6. Cantumkan nama di belakang foto; 1 (satu) lembar Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku pada saat pendaftaran; 1 (satu) lembar Fotocopy Kartu Keluarga (KK); 1 (satu) lembar Fotocopy Akte Lahir/ Surat Keterangan Lahir; Cetak KARTU/ TANDA BUKTI PENDAFTARAN CPNS TAHUN 2014; Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang; Kualifikasi Pendidikan (Fakultas dan Jurusan) sesuai jabatan yang dilamar
Pada bagian Formasi Jabatan calon melengkapi dengan tulisan tangan Nama Instansi di bawah Nama Jabatan. Contoh: 
Nama Jabatan = Analis Kebijakan
(ditulis dengan tangan) Kementerian Dalam Negeri
Nama Jabatan = Kesekretariatan
(ditulis dengan tangan) SetJen DPD

KARTU/ TANDA BUKTI PENDAFTARAN CPNS TAHUN 2014 (sudah ditempeli 1 foto, 2 buah sisanya dilampirkan) dan berkas-berkas lamaran dikirim ke:
a. Kantor UP4B: Gedung 1 BPPT Lantai 5 Jl. MH Thamrin No 8, Jakarta Pusat, 11010
b. Kantor UP4B Papua: Jl. Prof. M. Yamin SH. III No. 1A Angkasa Pura Jayapura, Papua, 99113
c. Kantor UP3B Papua Barat: Jl. Diponegoro Komplek Sarina No 126 Manokwari – Papua Barat

Paling lambat dikirim tanggal 22 September 2014 cap pos (bila lewat pos) untuk diverifikasi.

Langkah 6 dan 7 adalah tugas Verifikator:
6. Verifikasi secara manual dan online dilakukan di Kantor UP4B (Jayapura dan Jakarta) dan UP3B (Manokwari).
* Verifikator akan mengupdate data yang lulus verifikasi ke Panselnas.
* Pengumuman calon yang lulus verifikasi untuk dapat mengikuti tes penerimaan tanggal 26 September 2014 di www.up4b.go.id

7. Verifikator akan mencetak KARTU PESERTA TES dan menempel foto calon dan KARTU PESERTA akan dibagikan pada lokasi tes yaitu di Kantor Regional IX BKN di Jayapura, Kampus UNIPA di Manokwari dan Kantor BKN di Jakarta pada tanggal 29 September 2014. Jadwal jam tes akan diumumkan kemudian setelah mendapat konfirmasi dari pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Sumber: up4b
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Tahapan Pendaftaran Formasi Pada Kementerian/ Lembaga Bagi Putra Putri Asli Papua Tahun 2014"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-