Loading...

Sistem CAT UKG Mudah Dioperasikan

CAT UKG
JAKARTA – Sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Uji Kompetensi Guru (UKG) tidak jauh berbeda dengan milik Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hanya saja, sistem UKG dapat menggunakan keyboard komputer dalam pengoperasiannya, dan hanya tombol-tombol tertentu yang berfungsi sehingga memudahkan.

Hal itu terlihat saat dilakukan simulasi sistem CAT UKG di Kementerian PANRB, Kamis (11/09). Dalam memilih jawaban, Sistem CAT dari UKG dapat dilakukan dengan cara mengetik jawaban yang hendak dipilih. Jika akan memilih jawaban A, kita hanya mengetik tombol A pada keyboard komputer. Untuk melanjutkan soal berikutnya, tinggal menekan tombol spasi.

Pelamar dapat melihat indikator soal mana saja yang belum dijawab. Indikator tersebut terletak di bagian kanan berupa 100 kotak kecil bertuliskan nomor soal. Jika belum dijawab, maka menunjukkan warna merah dan warna hijau untuk soal yang sudah dijawab. Jika ingin mengubah jawaban, tinggal meng-klik nomor mana yang ingin diganti jawabannnya.


Namun, jika pelamar tidak nyaman menggunakan keyboard, maka dapat menggunakan mouse pada komputer. Hanya mengklik tulisan jawaban A, B, C, D atau E untuk menjawab. Untuk melanjutkan soalnya dapat mengklik tanda satu panah di kanan pada bagian kanan atas.

Kita juga dapat melihat berapa waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal. Jadi bisa mengatur waktu untuk dapat menjawab semuanya. Jika telah usai mengerjakan semua pertanyaan, dapat memilih gambar telapak tangan pada bagian kanan atas.

Seperti dikemukakan Menteri PANRB Azwar Abubakar dalam berbagai kesempatan, pelaksanaan tes CPNS tahun 2014 ini menggunakan aplikasi dari BKN, UKG, serta mandiri. Bagi pemda yang akan menggunakan fasilitas CAT UKG, BKD diminta berkoordinasi dengan LPMP sebagai perwakilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (BPSDMP) Kemendikbud di provinsi masing-masing.


Fasilitas UKG tersebar di 33 provinsi, dan terdapat di hampir seluruh kabupaten/kota, sehingga pelaksanaan tes CPNS yang menggunakan fasilitas UKG bisa dilaksanakan di lokasi terdekat. (rr/HUMAS MENPANRB)

Sumber: MENPAN
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Sistem CAT UKG Mudah Dioperasikan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-