Loading...


PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Protista Yang Menyerupai Tumbuhan

   
Ulva lactuca

Ganggang merupakan protista yang menyerupai tumbuhan.
Ciri tubuh :
  1. Ganggang memiliki ukuran yang beraneka ragam, dari yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang sampai dapat dilihat dengan mata telanjang.
  2. Ganggang berbentuk lembaran memiliki struktur tubuh sederhana sehingga tidak dapat dibedakan antara akar, batang dan daun.
  3. Ganggang uniseluler maupun ganggang multiseluler terdiri dari sel-sel yang intinya diselubingi membrane (eukariotik).
  4. Sel ganggang memiliki kloroplas.
  5. Ganggang mampu melakukan fotosintesis.
  6. Ganggang tergolong organisme fotoautotrof.
  7. Ganggang melakukan reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner, fragmentasi, pembentukan spora dan seksual dengan penyatuan dua gamet yang berbeda jenis.


Klasifikasi Ganggang
Sebagian ahli biologi mengklasifikasikan ganggang berdasarkan pada pigmen dominan , komponen penyususn dinding sel, jumlah dan posisi flagellum, serta bentuk cadangan makanan. Klasifikasi dengan kriteria tersebut menghasilkan enam kelompok ganggang yaitu :
  1. Euglenoid (Euglenophyta), memiliki bintik mata yang berbentuk piringan yang berisi fotoreseptor yang ditutupi oleh lapisan pigmen merah (fikobilin).euglenoid merupakan organisme uniseluler yang tidak memiliki dinding sel, eugelenoid memiliki dua flagellum. Flagelum berfungsi untuk pergerakan, euglenoid bereproduksi secara aseksual dengan cara pembelahan biner. Contoh, Euglena.
 
Euglena gracilis

  1. Ganggang keemasan (Chrysophyta), memiliki pigmen dominan karoten berupa santofil (keemasan). Bentuk tubuh Chrysophyta ada yang uniseluler soliteratau berkoloni tidak berflagellum dan ada yang multiseluler. Cara hidup ganggang emas bersifat autotrof artinya dapat mensintesis makanan sendiri karena memiliki klorofil untuk berfotosintesis. Reproduksi dilakukan secara aseksual dengan pembelahan biner oada ganggang uniseluler,dan pembentukan spora pada ganggang uniseluler dan ganggang multiseluler, reproduksi secara seksual melalui penyatuan dua jenis gamet.   
Contoh, bersel tunggal : a) Ochromonas
                                       b) Navicula/diatom
              bersel banyak :      Vaucheria
 
Ochromonas margaritata

  1. Ganggang api (Pyrrophyta), merupakan organisme uniseluler yang bersifat fotosintetik. Namun, ada spesies ganggang api  tertentu yang pada tahap tertentu dalam siklus hidupnya bersifat parasit.ganggang api bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner.
Contoh, Gymnodinium breve.

 
Gymnodinium catenatum

  1. Ganggang hijau (Chlorophyta), memilki pigmen dominan berupa klorofil dengan jenis klorofil a dan klorofil b.ganggang hijau juga memiliki pigmen karoten, ganggang hijau ada yang uniseluler dan ada yang multiseluler. Habitat diair tawar. Cara hidup bersifat autotrof. Reproduksi secara aseksual dengan membelah diri, pembentukan spora, dan fragmentasi   
Contoh,
1. Bersel satu tidak bergerak   : a) Chlorococcum
                                                  b) Chlorella
2. Bersel satu bergerak            : a) Euglena
                                                  b) Chlamydomonas
3. Berkoloni tidak bergerak    : Hidrodictyon
4. Berkoloni bergerak              : Volvox globator
5. Berbentuk benang               : a) Spirogyra
                                                  b) ulotrhrix
                                                  c) Oedognium
6. Bentuk lembaran                 : a) Chara
                                                  b) Ulva lactuva

 Ulva lactuva

  1. Ganggang cokelat (Phaeophyta), merupakan ganggang laut yang memiliki jenis dominan karoten, yaitu fukosantin. Fukosantin memberi warna coklat sehingga menutupi pigmen klorofil a,klorofil c dan santofil. Phaeophyta adalah multiseluler dengan bentuk berupa benang atau talus. Habitat hampir semua hidup dilaut, daerah sekitar pantai, atau daerah pasang surut. Cara hidup ganggang coklat bersifat autotrof. Reproduksi berlangsung secara aseksual melalui fragmentasi pada ganggang berbentuk benang dan talus, serta zoospor pada ganggang yang berbentuk talus, reproduksi seksual melalui isogami, anisogami, dan oogami.   Contoh, 1. Sargassum siliquosum
  2. Turbinaria australis
  3. Fucus vesiculoseus
  4. Macrocystis (Giant klep)
  5. Postelsia (Palem laut)
  6. Laminaria

Sargassum siliquosum

  1. Ganggang merah (Rhodophyta), mengandung pigmen dominant fikobilin jenis fikorietrin (pigmen merah). Ganggang merah juga memiliki klorofil a, klorofil d, karoten, dan fikosianin (pigmen biru). Sebagian besar Rhodophyta multiseluler, berbentuk benang dan lembaran, cadangan makanan berupa tepung florid. Habitat dilaut dalam. Cara hidup umumnya bersifat autotrof.  Reproduksi secara aseksual dengan spora, sedangkan secara seksual dengan oogami. Contoh, 1. Eucheuma spinosum.
2. Gelidium
3. Gracilaria
4. Chondrus crispus

5. Batra chospermum

 Eucheuma spinosum



   
   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Protista Yang Menyerupai Tumbuhan"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr