Loading...

Struktur tambahan pada sel Archaebacteria dan Eubacteria

Struktur tambahan pada sel Archaebacteria dan Eubacteria terdiri dari:
a.   Kapsul dan lapisan lendir
            Kapsul dan lapisan lendir adalah lapisan di luar dinding sel pada Archaebacteria dan Eubacteria tertentu. Jika lapisan tersebut tebal disebut kapsul dan jika tipis disebut lapisan lendir. Kapsul dan lapisan lendir tersusun dari polisakarida dan air.
Fungsi kapsul dan lapisan lendir ini antara lain untuk:
1)      membantu sel Archaebacteria atau Eubacteria melekat pada suatu permukaan atau dengan sel Archaebacteria atau Eubacteria lainnya (contohnya bakteri penyebab gigi berlubang Streptococcus mutans yang menempel pada permukaan gigi),
2)      pertahanan Archaebacteria dan Eubacteria dari sel-sel fagosit (contohnya sel darah putih dan antibodi manusia atau hewan) dan
3)      melindungi sel Archaebacteria dan Eubacteria saat mengalami kekeringan.

b.   Flagel
Flagel atau bulu cambuk adalah struktur berbentuk batang atau spiral yang menonjol dari dinding sel. Flagel tersusun dari protein. Flagel berfungsi sebagai alat gerak pada beberapa jenis Archaebacteria dan Eubacteria yang berbentuk batang dan spiral. Flagel pada Archaebacteria terpisah dengan sistem sekresinya, sedangkan pada Eubacteria tidak. Flagel pada Archaebacteria dan Eubacteria ada yang berjumlah satu (monotrik), banyak flagel di satu sisi (lofotrik), satu atau banyak flagel di kedua ujung (amfitrik), atau tersebar di seluruh permukaan sel (peritrik). Ilustrasinya dapat dilihat pada Gambar 2.





c.   Pilus
            Pilus adalah struktur berbentuk seperti rambut-rambut halus yang menonjol dari dinding sel. Pilus mirip dengan flagel namun lebih pendek, kaku dan berdiameter lebih kecil. Pilus tersusun dari protein, yang berfungsi sebagai penghubung saat Archaebacteria ataupun Eubacteria melakukan konjugasi (pertukaran materi genetik).
d.   Vakuola gas
            Vakuola gas umumnya terdapat pada Eubacteria yang hidup di air dan melakukan fotosintesis, sehingga memungkinkan Eubacteria tersebut mengapung di air untuk memperoleh cahaya matahari agar fotosintesis dapat terjadi. 

   
loading...
Loading...
loading...

0 Response to "Struktur tambahan pada sel Archaebacteria dan Eubacteria"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-