PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Bentuk sel Archaebacteria dan Eubacteria

Bentuk dasar sel Archaebacteria dan Eubacteria beraneka ragam, yaitu coccus (bulat), basil (batang) dan spirila (spiral). Selain bentuk dasar tersebut, juga terdapat bentuk coccobasil (antara coccus dan basil) dan berbentuk filamen. Contoh Eubacteria coccobasil adalah Coxiella burneti (penyebab demam), sedangkan contoh Eubacteria berbentuk filamen adalah kelompok Actinomycetes.

            Bentuk sel coccus dan basil ada yang berdiri sendiri-sendiri, artinya tiap sel terpisah-pisah, namun ada pula beberapa jenis sel Archaebacteria dan Eubacteria yang tidak terpisah setelah selnya membelah. Susunan sel Archaeba-teria dan Eubacteria bermacam-macam, antara lain dua-dua sel, empat sel, bergerombol atau berderet seperti rantai. Sedangkan Archaebacteria dan Eubacteria yang berbentuk spirila hidup terpisah-pisah, namun memiliki beberapa bentuk sel. Bentuk serta susunan sel Archaebacteria dan Eubacteria ini dapat dilihat pada Tabel 2.





0 Response to "Bentuk sel Archaebacteria dan Eubacteria"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr