PENGUMUMAN: Terhitung sejak tanggal 2 April 2016, pustaka.pandani.web.id tidak lagi kami update! kerena seluruh update terbaru kami dialihkan kesitus pak.pandani.web.id. Harap dimakulumi.

Bakteri Gram positif

gram + dan -/indobeta
Bakteri Gram positif merupakan bakteri yang memiliki dinding sel dengan lapisan peptidoglikan yang tebal. Bakteri ini akan berwarna ungu jika diwarnai dengan pewarnaan Gram. Beberapa bakteri Gram positif membentuk endospora (struktur dormansi yang bersifat tahan terhadap panas) yang dibentuk ketika lingkungan miskin zat makanan. Ketika sel induk pecah, endospora dilepaskan. Endospora dapat bertahan hidup di lingkungan yang ekstrim, misalnya suhu tinggi, suhu rendah atau kekeringan.
Ketika kondisi lingkungan membaik, endospora menjadi aktif dan membelah diri, membentuk sel-sel seperti induknya. Dormansi endospora dapat bertahan selama lebih seribu tahun. Contoh bakteri Gram positif adalah Treponema pallidum, Vibrio cholerae  dan Bacillus subtilis dan contoh bakteri Gram positif yang dapat membentuk endospora adalah Bacillus dan Clostridium.

0 Response to "Bakteri Gram positif"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr