Loading...

ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA

loading...
Loading...

Eubacteria and Archaebacteria/smartsite.ucdavis.edu

Dahulu, dalam sistem klasifikasi makhluk hidup kita memakai sistem klasifikasi lima kingdom. Dalam klasifikasi ini, semua organisme Prokaryotik (tidak memiliki membran inti) dikelompokkan dalam kingdom Monera. Empat kingdom yang lain adalah kingdom Protista, Fungi, Plantae dan Animalia. Selanjutnya kingdom monera dibagi menjadi dua kingdom, yaitu Archaebacteria dan Eubacteria, sehingga terbentuk sistem klasifikasi enam kingdom.


Dengan berkembangnya sistem klasifikasi, para ilmuwan mengelom-pokkan makhluk hidup menjadi tiga domain, yaitu domain Archaebacteria, Eubacteria  dan  Eukaryota. Domain Archaebacteria dan Eubacteria merupakan makhluk hidup dari golongan Prokaryotik, sedangkan domain Eukaryota merupakan makhluk hidup dari golongan Eukaryotik. Domain Eukaryota ini dibagi menjadi enam kingdom; (1) Animalia, (2) Plantae, (3) Fungi, (4) Archaezoa, (5) Chromista dan (6) Protozoa. Sistem pengelompokan tiga domain ini dikenal juga dengan sistem klasifikasi delapan kingdom.

Pemisahan organisme Prokaryotik menjadi dua domain dilakukan karena ditemukan adanya perbedaan pada kedua kelompok organisme Prokaryotik tersebut, terutama pada susunan nukloetida rRNA dan perbedaan susunan kimia dinding sel dan membran plasma. Eubacteria  telah kita kenal selama ini dengan sebutan bakteri. Berikut akan kita bahas satu per satu tentang Archaebacteria dan Eubacteria. 
loading...
loading...

0 Response to "ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-