Loading...

Hewan Beruas-ruas (Filum Arthropoda)

loading...
Loading...


Jika jumlah spesies merupakan kriteria, maka filum inilah yang dewasa ini merupakan yang terbesar. Lebih dari 765.000 spesies artropoda yang berbeda telah diidentifikasi. Jumlsh ini adalah lebih besar daripada jumlah seluruh spesies lain yang ada. Setiap tahun masih juga ditemukan spesies artropoda baru, yang hidup di berbagai jenis habitat. Air tawar, air laut, tanah dan dapat dikatakan hampir seluruh permukaan bumi penuh dengan artropoda. Hewan-hewan hampir merupakan satu-satunya jenis hewan yang ditemukan di antariksa dan di lereng gunung-gunung yang penuh dengan salju dan batu-batuan.
Semua anggota filum ini mempunyai tubuh bersegmen yang terbungkus dalam suatu eksoskeleton (rangka luar) bersegmen yang kuat terdiri terutama atas kitin, suatu polimer dari N-asetiglukoamin (NAG). Simetrinya bilateral dan jelas ditandai dengan pasangan anggota tubuh ersegmen yang terletak sebelah menyebelah sepanjang sumbu tengah. Pada semua artropoda yang hidup, anggota tubuh berbagai spesies memperlihatkan struktur dan fungsi yang sangat beraneka ragam. Di samping itu lokomosi, anggota tubuh itu membantu dalam mendapatkan makanan, dalam penginderaan, dan sebagai senjata menyerang dan mempertahankan diri.

Tidak seperti anelida, segmen artropoda dari depan ke belakang menunjukkan variasi yang besar dalam struktur. Segmen-segmen itu biasanya dibagi dalam tiga daerah utama: kepala, toraks dan abdomen. Artropoda mempunyai sistem peredaran yang dianggap “terbuka” karena darah (tidak sebagaimana halnya anelida) tidak selamanya berada dalam pembuluh darah. Bagian utama sistem saraf artropoda, seperti pada anelida, terdapat sepanjang sisi ventral organisme tersebut. [*]
loading...
loading...

0 Response to "Hewan Beruas-ruas (Filum Arthropoda)"

Post a Comment

Terima Kasih Telah Berkunjung di Pustaka Pandani
Silahkan komentar anda,


Salam

Irfan Dani, S. Pd.Gr

-